oleh

SMKN 2 Ciamis Luncurkan “Mobile Service Car”

CIAMIS | BBCOM | Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jawa Barat (Jabar), Dedi Supandi meresmikan peluncuran “Mobile Service Car” di SMKN 2 Ciamis, Jln. Sadananya No. 21, Kabupaten Ciamis, Kamis (27/5/2021).

Kadisdik mengatakan, program tersebut merupakan inovasi sekolah yang diselaraskan dengan program SMK Membangun Desa. “Inovasi seperti ini akan selalu dikembangkan. Ke depan, program tersebut bisa berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk membangun desa,” ujarnya.

Kadisdik berharap, selain menjadi tenaga kerja unggul, para siswa SMK pun mampu menjadi wirausahawan mandiri. “Sehingga, tidak tergantung menjadi karyawan, tetapi bisa kembali ke rumah dan membangun daerahnya dengan keahlian yang dimiliki,” tuturnya.

Menambah Jam Terbang

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XIII, Herry Pansila mengatakan, program mobile service bisa menambah jam terbang praktik para siswa.

“Kalau di sekolah kan jamnya terbatas. Harapan kami, mereka bisa memiliki jam praktik lebih dari 200 jam dan ketika lulus sudah siap bekerja atau berwirausaha mandiri,” harapnya.

Selain itu, tambahnya, program ini menjadi bukti nyata bahwa siswa SMK bisa berkontribusi langsung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Jangkauan pelayanannya pun lebih luas. Jika ada yang mogok, tinggal di Whatsapp dan tim langsung datang ke tempat,” imbuhnya.

BACA JUGA  Kadisdik Jabar: ASN Disdik Dilarang Terlibat Politik Paktis

Sedangkan Kepala SMKN 2 Ciamis, Didin Rusdiana menjelaskan, selain meningkatkan kompetensi siswa, program ini bertujuan melayani masyarakat sebagai bentuk SMK membangun desa. Proses pemesanan jasa pun sudah berbasis online sehingga akan memudahkan costumer.

“Dengan berbasis online, semua orang yang mungkin malas servis di tempat, sekarang bisa menyervis mobil di rumah masing-masing,” tuturnya.

Pada praktiknya, para siswa akan didampingi oleh mekanik terlatih. “Ini juga menjadi ajang pelatihan praktik untuk para siswa,” katanya.

Saat ini, sudah ada 1 mobil dan 1 motor yang diberdayakan untuk program mobile service ini. Ke depan, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan kendaraan, juga ketersediaan alat-alat yang lebih lengkap.

Nah, bagi warga Kabupaten Ciamis dan sekitarnya, kini tidak perlu pusing menyervis mobil kesayangan kalian. Cukup menggunakan Whatsapp, para montir yang merupakan siswa jurusan teknik kendaraan ringan otomotif akan datang ke rumah untuk meningkatkan peforma mobil kalian.***

Komentar