SDN 138 Gegerkalong Girang Sekolah Inklusif Cetak ABK Berkualitas

17 Mei 2017 / 11:50 WIB Dibaca sebanyak: 757 kali 1 Komentar

Bandung. BB.Com. SEKOLAH Penyelenggara Pendidikan Inklusif merupakan sekolah yang menghargai dan mengakui. Bahwa peserta didik itu memiliki beragam potensi, kemampuan da kebutuhannya. Sehingga guru melayani pembelajaran dengan menyesuaikan potensi, kemampuan dan kebutuhan setiap peserta didik. Tidak memaksakan kehendak guru, sehingga siswa dituntut untuk nampu mencapai KKM. Layani siswa sesuai dengan kemampuan dan bakatnya.

Ini semua dilaksanakan di SDN 138 Gegerkalong Girang dan sudah berjalan sejak tahun 2002. Sekolah ini menerima siswa “Disabilitas” atau ABK (Anak Berkebutuhan Khusus).

“Alhamdulillah sampai sekarang sudah 15 tahun. Kami menjadi sekolah Penyelenggara Inklusif. Beberapa siswa/i lulusan dari sekolah ini, sudah banyak yang masuk ke Perguruan Tinggi. Walaupun memiliki keterbatasan kemampuan (ABK). Namun memiliki semangat dan cita-cita, seperti pada umumnya.

SDN 138 Gegerkalong Girang, kerap dikunjungi para tamu atau pendidik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka ingin melihat langsung, sistem pembelajaran di sekolah Inklusif ini. Bahkan sempat mendapat Penghargaan sebagai ” Sekolah Pusat Sumber” di kota Bandung, dalam “Pelayanan Pendidikan Inklusif”.

“Saya selaku Kepala Sekolah disini, ingin membuktikan yang terbaik. Sehingga sekolah ini, mendapatkan kepercayaan penuh dari Disdik Kota Bandung,” kata Entin Sumiati selaku Kepsek sekolah ini.

“Sekolah ini juga kerap dikunjungi oleh beberapa sekolah lainnya untuk melakukan “Sharing” dan “Worshop Pendidikan Inklusif”,” timpalnya lagi.

Entin Sumiati juga mengakui, dimasa-masa menjelang masa pensiunnya ini. Semangat untuk memajukan masalah pendidikan, tidak pernah surut. Bahkan semakin bersemangat.

“Saya ingin memberikan yang “Terbaik” untuk sekolah ini. Buat saya memberikan pendidikan itu adalah amanah,” ujar Entin Sumiati yang mengaku, jika sudah pensiun nanti, ingin mendirikan sekolah di kampung halamannya Limbangan Garut. (Herry Kasep).


 

Bagikan
Share

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *