RNPK Bahas Upaya Memajukan dalam Wirausaha

13 Februari 2019 / 14:04 WIB Dibaca sebanyak: 286 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCcom– Dalam upaya memajukan serta mengembangkan bidang pendidikan dan kebudayaan dengan melibatkan sektor swasta dibahas dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019. Kegiatan ini diselenggarakan di pameran pendidikan dalam rangkaian RNPK turut menyertakan berbagai lembaga pendidikan, organisasi masyarakat peduli akan pendidikan, bidang usahan dan industri.

Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Subang Jawa Barat, Iim Gunawan memaparkan bahwa didalam pameran ini diberikan kesempatan bagi setiap sekolah untuk menggelar temu bisnis dengan perusahaan. Hal ini tentunya bertujuan untuk meningkatlam produktivitas dari produksi sekolah.

“Terdapat 78 stan di dalam pameran yng terdiri dari stan milik lembaga pendidikan seperti SMK, pusat kegiatan belajar masyarakat, perusahaan teknologi pembelajaran, dan sanggar seni. Setiap stan memamerkan prosuk hasil kegiatan belajar yang dibat oleh siswa sekaligus untuk mengembangkan kewirausahaan dalam sekolah,” ujar Kepala SMKN 2 Subang Jawa Barat, Senin (11/2/2019).

Lebih lanjut, sekolah turut memamerkan  sistem pemetaan lahan pertanian dan pemantauan melalui penggunaan teknologi drone. Dimana, hasil kerja sama dengan Pemerintah Belanda dan kegiatan ini memiliki target untuk mendapatkan rekan usan atau klien dari layanan yang diberikan oleh SMKN 2 Subang.

Setelah itu, SMKN 2 Subang masih menantikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengeluarkan peraturan daerah terkait SMK dapat menjadi badan layanan umum daerah (BLUD). “Supaya bisa mengatur keuangan sendiri tanpa perlu menunggu bantuan dari operasional sekoah dan mendpatkan pendapatan dari penjualan produk,” ujar Kepala SMKN 2 saat dilansir dari Pikiran Rakyat. (hms)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *