Punya Potensi Wisata,BP2D Kunjungi Kampung Madu dan Gumawang Water Fall Banjaranyar Ciamis

10 Juli 2020 / 09:06 WIB Dibaca sebanyak: 321 kali Tulis komentar
Bagikan

CIAMIS | BBCOM| Kampung madu dan gumawang water fall merupakan salah satu destinasi wisata madu dan air terjun yang berada di wilayah Desa Banjaranyar, kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.

Mendapat julukan kampung madu bagi warga Dusun Sindangasih Desa Banjaranyar merupakan kebanggan tersendiri,pasalnya sekitar 80 persen warga di Dusun tersebut pembudidaya madu seperti,jenis madu dari koloni, cerana, atau trigona.Begitupun cara pemeliharannya, tidak di pusatkan di satu tempat atau pun hamparan, melainkan di pelihara di pekarangan rumah-rumah warga.

Menurut keterangan Heri kuswanto, selaku tokoh pemuda Desa Banjaranyar, sekaligus (UP2HH) Dinas Kehutanan provinsi Jawa Barat menuturkan,tidak hanya kampung madu yang berpotensi untuk jadi tempat wisata alami,namun ada gumawang water fall yang berada di satu Dusun yakni,Dusun sindangasih, Kamis(09/07/2020).

Dalam kunjungannya H.Endang Haris selaku ketua Badan Pengawas Promosi Pariwisata Daerah( BP2D) Kabupaten Ciamis,beserta rombongan merasa senang dan bangga,di Kecamatan Banjaranyar ada wisata alami yang terpusat kan di satu wilayah dengan potensi sangat menjanjikan.

“Bagi para wisatawan yang akan datang ke Curung Gumawang dan kampung madu, diwajibkan untuk memenuhi protokol kesehatan, pengunjung wajib mengunakan masker dan cuci tangan” kata H.Endang.

H.Endang berharap,pengunjung yang mau masuk apabila tapi tidak mengunakan masker, kalau bisa dilarang.Namun, jika ingin tetap masuk, nantinya pengelola harus memfasilitasi dan menyediakan masker,ini dalam upaya pencegahan Covid-19.


Masih menurut H.Endang,untuk kedepan dalam pengembangan wisata, masyarakat dan Pemdes harus secepatnya membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang nantinya bisa menjembatani ke ke pemerintah atau swasta.pasalnya, Pokdarwis akselarasinya sangat luas, termasuk juga dengan BP2D Kabupaten Ciamis.

Dilokasi yang sama, Dedi Iwa S selaku Camat banjaranyar merasa bangga di wilayahnya sarat akan potensi wisata,Camat berharap agar ada inovasi untuk pengembangkan wisata tersebut.Karena harus ada sentuhan yang bisa lebih mengembangkan kepada potensi ini.

“Makanya harus ada publikasi dan para penggiat yang bisa menjadikan wisata alam Curug Gumawang akan lebih dikenal oleh masyarakat luas, pengunjungnya bukan warga lokal saja,”pungkas Dedi. (Gezul / Hendra)

BACA JUGA  Peluang Investasi Dalam Pengambangan Kawasan Geopark Ciletuh –Pelabuhanratu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *