Pentingnya Pendidikan Agama di Usia Dini

25 Juni 2019 / 19:33 WIB Dibaca sebanyak: 166 kali Tulis komentar

Foto oleh : Tim Dokumentasi PNJ Mengajar 2019

Pendidikan adalah salah satu faktor terpenting dalam hidup, terutama pendidikan agama. Pendidikan agama sangat dibutuhkan sejak anak usia dini, pemahaman tentang agama yang dianutnya diberikan sedikit demi sedikit agar anak terbiasa melakukan kewajiban-kewajiban yang ditentukan dalam agamanya. Tak hanya tentang ibadahnya, dengan pendidikan agama yang diberikan, anak akan mempunyai karakter yang sesuai dengan pendidikan yang diterimanya, jika pendidikan agama disampaikan dengan baik kemungkinan anak akan mempunyai karakter yang baik dan sebaliknya.

Berbicara tentang ibadah, dalam setiap agama pasti mempunyai ibadah yang harus dilaksanakan. Oleh karena itu, anak harus diberi pengetahuan tentang ibadah yang harus dilakukannya, diberikan contoh secara langsung bagaimana pelaksanaannya dan mulai dibiasakan untuk melakukannya, sehingga anak akan terbiasa melakukan ibadah tanpa disuruh terlebih dahulu.

Ketika anak sudah terbiasa melakukan ibadah, berarti anak sudah memiliki karakter yang baik, selain itu dengan pendidikan agama yang baik anak akan lebih menghormati orang tua, dan lebih menghargai waktu.

Foto oleh : Tim Dokumentasi PNJ Mengajar 2019

Lembaga Pendidikan

Saat ini sering kita jumpai lembaga Pendidikan Anak Usida Dini (PAUD) yang memberikan pendidikan agama serta ilmu pengetahuan umum kepada anak-anak usia dini, mulai dari 2-5 tahun. Di PAUD anak-anak dibiasakan untuk berdoa sebelum memulai kegiatan dan setelah kegiatan, selain itu anak-anak diajarkan mengaji, sholawat, lagu yang liriknya sifat-sifat wajib bagi Allah, tata cara berwudhu, harus hormat kepada orang tua, dan masih banyak lagi.

Selain itu di PAUD anak-anak juga diajarkan sopan santun, cara menghormati dan menghargai orang lain, baca – tulis Quran, ┬ádan masih banyak lagi. Dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, yaitu belajar sambil bermain, anak-anak bisa lebih menerima pendidikan yang diberikan di PAUD.

Meskipun anak-anak sudah mendapatkan pendidikan agama di PAUD, peran orang tua dalam mendidik anaknya sangat penting terutama dalam pendidikan agama. Bagaimanapun agama merupakan pedoman hidup umat manusia untuk melaksanakan kewajiban kepada Tuhan dan menjauhi segala larangan-Nya. ┬áJadi pendidikan agama harus selalu diberikan kebada anak-anak mulai dari usia dini dan seterusnya. (Hilda Sinta Dewi – Universitas Islam Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *