Pengamanan Pilkades Serentak Libatkan 300 Personil Gabungan

BANJAR, BBCom – Dalam rangka melalukan pengamanan Pilkades serentak yang akan dihelat pada akhir bulan ini, sebanyak 300 personil pun akan diterjunkan.

Pemilihan kepala Desa (Pilkades) yang digelar secara serentak di akhir bulan ini dihelat di lima Desa, diantaranya yaitu Desa Kujangsari, Desa Rejasari, Desa Sinartanjung, Desa Sukamukti dan Desa Jajawar.

“Sebanyak tiga ratus personil gabungan yang diterjunkan untuk pengamanan pilkades nanti ,” kata Kapolres Banjar AKBP Matrius,Rabu (17/10/2018).

Matrius juga menjelaskan, 300 personil yang nantinya diterjunkan itu 200 dari Polri, 25 TNI, 25 Satpol PP, dan 50 Linmas. Pola pengamanan sendiri yang nantinya digunakan diantaranya itu pengamanan,yang pertama calon kepala desa mulai berangkat dari rumah sampai kembali lagi ke rumah,yang kedua pengamanan surat dan kotak suara sampai beres penghitungan suara dan yang ketiga pengamanan di tiap tiap TPS. “Jadi ada tiga pola pengamanan untuk pengamanan pilkades serentak,” ujarnya.

Lanjut Matrius, nantinya di tiap tiap TPS ada personil yang bertugas 2 personil Polri, 1 Satpol PP, 2 Linmas 1 TNI dan titambah 1 SST karena TPS satu lokasi. Selain itu nantinya ada 1 SST mobile yang nantinya akan patroli ke desa yang melaksanakan pilkades serentak. “Ada enam personil gabungan yang nantinya bertugas di TPS ditambah satu SST,” ungkapnya.

Untuk tingkat kerawanan, orang nomor satu di Polres Banjar ini juga mengatakan, sampai saat ini masih bisa dikatakan aman. Akan tetapi, untuk dua desa di Kecamatan Langensari yaitu Desa Kujangsari dan Desa Rejasari menurutnya jadi perhatian ekstra. Pasalnya di dua desa itu jumlah DPT lebih dari 7000 pemilih.

” Hingga dari hasil pantauan sampai saat ini masih aman,namun untuk dua Desa di kecamatan langensari yaitu Desa Kujangsari dan Rejasari perlu perhatian ekstra karna di dua Desa tersebut jumlah DPT mempunyai lebih dari 7000 pemilih ” paparnya.

Untuk itu Polri bersama dengan Kodim 0613 Ciamis serta Pemerintah daerah mendorong agar Muspika untuk rapat koordinasi yang nantinya hasil dari rapat itu dituangkan dalam bentuk deklarasi damai yang ditandatangai oleh seluruh panitia Pilkades, pengawas Pilkades dan calon.

” Kami bersama Kodim 0613 juga Pemerintah mendorong agar Muspika rapat koordinasi dan nantinya dilakukan deklarasi damai,” pungkas Kapolres.(PR/Johan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *