oleh

Pemkot Bandung dan Pemkot Hamamatsu Rancang Kerja Sama di Bidang Lingkungan Hidup

BANDUNG BBCom-Kota Bandung akan mengembangkan kerja sama lebih luas lagi dengan Kota Hamamatsu, Jepang. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dan Pemerintah Kota Hamamatsu sedang merancang kerja sama di bidang lingkungan hidup.

Demikian disampaikan Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Bandung. Oded M. Danial saat menerima delegasi Lembaga Persahabatan Indonesia Hamamatsu Jepang yang dipimpin ketuanya, Hiroji Tanaka, Jumat (7/9/2018), di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Jln. Wastukancana. Selain untuk mempererat persahabatan dan kerja sama, kunjungan tersebut merupakan rangkaian acara Bandung-Hamamatsu Cultural Festival ke-13.

“Kami sangat berterima kasih telah berkenan berkunjung hari ini. Kami berterima kasih atas segala bantuan dan hubungan yang baik selama ini,” tutur Oded kepada pimpinan delegasi, Tanaka Hiroji.

BACA JUGA  Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung Akan Rampung Pada Juni 2021

Kota Bandung dan Kota Hamamatsu telah menjalin kerja sama sejak tahun 2002. Kedua kota kemudian menjalin kerja sama teknis dengan menandatangani Letter of Intent pada tahun 2014. Saat ini, kerja sama sedang dalam proses beranjak ke tahap penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Oded mengatakan, kerja sama Kota Bandung dengan Kota Hamamatsu di bidang lingkungan hidup, akan ditangani oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung. Melalui kerja sama ini, Kota Bandung akan belajar tentang pengelolaan lingkungan yang baik.

“Pengelolaan lingkungan akan menjadi fokus utama Pemkot Bandung lima tahun ke depan,” ungkap Oded.

BACA JUGA  DPRD Jabar Dorong BIJB Layani Penerbangan Jamaah Haji dan Umroh

Sementara itu, Hiroji Tanaka mengatakan, Kota Hamamatsu juga ingin menjalin kerja sama lebih baik lagi dengan Kota Bandung. Saat ini Pemerintah Kota Hamamatsu setiap tahun memberikan bantuan pendidikan bagi 30 pelajar dari Kota Bandung.

“Kami juga menggelar speech contest oleh Lembaga Persahabatan Indonesia-Hamamatsu. Pemenang pertamanya kami ajak untuk melihat Jepang yang sesungguhnya,” jelas Tanaka.

Bagi mereka, sebanyak apa pun orang membicarakan tentang Jepang, tidak akan sebanding jika melihat sendiri. Maka mereka senang jika dari Kota Bandung bisa berkunjung ke kota mereka.

“Kami akan sangat senang jika Anda berkunjung ke Hamamatsu,” katanya. (***)

Komentar

Berita Terbaru