oleh

Pemkab Bandung Raih Penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak Tahun 2022 Kategori Pratama

KAB. BOGOR | BBCOM | Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak RI (KemenPPPA) memberikan penghargaan kepada 312 Kabupaten/Kota yang terdiri dari 5 Kategori yang terdiri: 8 Utama, 66 Nindya, 117 Madya, dan 121 Pratama.

Penghargaan ini diberikan atas komitmen pemerintah daerah untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan anak. Untuk diketahui, bahwa anak memiliki 4 hak dasar yaitu hak untuk hidup, hak untuk tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan, dan hak partisipasi. Sifatnya yang kompleks dan multisektoral, maka dalam pemenuhan hak-hak tersebut dibutuhkan komitmen lintas sektor yang menjadi sangat esensial. Apalagi jumlah populasi anak mengisi sepertiga dari total populasi penduduk Indonesia. Lebih dari itu, perlindungan dan pemenuhan hak anak juga merupakan amanat dari konstitusi Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia.

Pemberian penghargaan ditetapkan melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh Tim dari KemenPPPA, Tim Kementerian/Lembaga dan Tim independen. Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan.

Dengan capaian tersebut Menteri PPPA, Bintang Puspayoga mengapresiasi atas segala upaya dan kerjasama yang diberikan pemerintah daerah.

Ia pun menyampaikan, “Kedepan kita mengembangkan strategi desa ramah perempuan peduli anak, di 66 Kabupaten dan 142 desa yang dijadikan model. Harapan kami bagi para Pimpinan Daerah mohon memberikan dukungan untuk mewujudkannya. Dengan semangat, sinergi, dan kolaborasi kita bisa mewujudkan apa yang kita mimpikan bersama, yaitu perempuan berdaya – anak terlindungi – Indonesia maju!”

Dengan diraihnya penghargaan ini, Pemerintah Kabupaten Bandung tidak hanya melihat sebagai tujuan akhir tetapi sebagai penyemangat untuk semakin maju dalam menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kabupaten Bandung.

Pengumuman penghargaan disampaikan pada malam penganugerahan apresiasi Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2022 di Kabupaten Bogor pada Jumat, (22/7).**

Komentar