Pasar Atas Jembatan Penyebrangan Multiguna Tanah Abang

18 Juni 2019 / 16:21 WIB Dibaca sebanyak: 1705 kali 1 Komentar

Apa yang Anda pikirkan tentang pasar? Pasti yang terlintas dalam benak Anda adalah sebuah tempat yang terdiri dari jajaran toko, ramai dengan aktivitas jual beli, bau, kotor, dan berantakan. Namun ternyata, hal ini tidak berlaku bagi pasar yang kiosnya berdiri di atas Jembatan Penyebrangan Multiguna Tanah Abang. Pasar ini terkesan modern, dengan kios-kios yang tertata rapi, tertib, dan juga bersih.

Suasana Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang. (Foto oleh: Amelia Riskita Putri)

Jembatan Penyebrangan Multiguna (JPM) Tanah Abang atau yang biasa disebut dengan Skybridge ini dibangun di atas Jalan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Menghubungkan gedung lama Stasiun Tanah Abang ke Pasar Tanah Abang ke Jalan KS Tubun atau Museum Tekstil dan Blok F dan Blok G Pasar Tanah Abang.

Sesuai namanya, Skybridge ini multifungsi. Ya, selain sebagai tempat penyebrangan orang, Skybridge ini dapat menjadi pilihan Anda untuk berbelanja. Luasnya bangunan jembatan memungkinan sisi kanan dan kiri jembatan untuk menyebrang. Sedangkan sisi tengah jembatan, digunakan sebagai tempat berdirinya ratusan kios pedagang yang siap memanjakan mata dan diri Anda dalam memenuhi kebutuhan sandang.

Skybridge menawarkan pengalaman baru berbelanja di atas jembatan. Mulai dari pakaian anak-anak hingga dewasa. Dengan harga yang berkisar dari puluhan hingga ratusan ribu per potongnya. Anda bisa dengan leluasa memilih pakaian yang dibutuhkan secara langsung dari display kios para pedagang.

Jika biasanya kios dalam blok-blok Pasar Tanah Abang hanya melayani pembelian secara grosir atau dalam jumlah tertentu, di Skybridge ini Anda bisa membeli secara satuan atau tanpa jumlah minimal pembelian. Anda pun dapat melakukan negosiasi untuk menawar harga pakaian sebelum membayar seperti dalam transaksi jual beli di pasar pada umumnya. Bahkan tak jarang, para pedagang di sini akan memberikan potongan harga khusus jika Anda membeli dalam jumlah banyak.

Julukan pusat grosir terbesar di Asia Tenggara menjadikan Pasar Tanah Abang menjual pakaian dengan harga terjangkau dan tidak kalah berkualitas dengan pusat belanja yang lain. Hingga tak heran, jika Skybridge yang buka sejak 07.00–18.00 WIB setiap harinya ini tidak pernah sepi pembeli. Teriakan riuh pedagang yang menjajakan jualannya selalu nyaring terdengar dibarengi obrolan jual beli pedagang dengan para pembelinya.

Kios-kios pasar di Skybridge ini pun tidak hanya menjual pakaian, Anda bisa membeli tas, sepatu, kaos kaki, bahkan minuman atau makanan jika dikiranya merasa lelah dan butuh asupan tenaga saat berbelanja.

Akses menuju Skybridge pun cukup mudah karena bangunan jembatan ini terintegrasi oleh Stasiun Tanah Abang dan Halte Transjakarta. Selain itu, berbagai macam fasilitas pendukung seperti toilet, petugas kebersihan, petugas keamanan maupun CCTV menjamin aktivitas belanja Anda terasa aman dan nyaman di sini. (Amelia Riskita Putri/Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *