Out door Study “Hilangkan Kejenuhan dan Tekanan Psikologis Siswa

9 Mei 2018 / 09:14 WIB Dibaca sebanyak: 629 kali Tulis komentar
Bagikan

KAYUAGUNG BBCom-Outdoor Study merupakan salah satu cara agar siswa merasa nyaman dan mampu hilangkan kejenuhan serta tekanan psikologis, hal ini dikatakan kepala sekolah SMANDAKA Hendri Novianto Spd, Mpd pada BBCom disela-sela pemberangkatan siswa.

Pembelajaran outdoor penting bagi siswa, sementara guru sebagai motivator atau pemandu, sedangkan siswa belajar dengan pendekatan, penugasan serta melakukan tanya jawab dan mempraktekan dengan suasana belajar sambil bermain, ungkap Hendri.

Sementara Muharisnan Siregar,Spd, salah satu motivator menjelaskan, outdoor Study sangat bermanfaat bagi siswa karena dengan pola belajar seperti ini dapat mengembangkan kreativitas siswa sehingga siswapun dapat belajar melalui pengalaman yang mereka peroleh dari outdoor study kunjungi hutan putih kayu Palembang dan museum BMKG, kata Muharisnan.

BACA JUGA  Toko Tani Jual Beras Rp 8.000/kg, Warga Merasa Terbantu

Selain itu outdoor ini mendorong motivasi belajar siswa karena menggunakan setting alam terbuka sebagai sarana kelas untuk memberikan dukungan proses pembelajaran secara menyeluruh yang dapat menambah aspek kegembiraan dan kesenangan.

“Guru mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan karena dapat bereksplorasi menciptakan suasana belajar seperti bermain”, ujar Hendri.

BACA JUGA  Unsur Tripika Kecamatan Pedamaran Dukung Pembentukan Pos Terpadu Covid-19

Ia menambahkan, pembelajaran diluar kelas siswa menggunakan media pembelajaran yang kongkrit dan bisa memahami lingkungan yang ada disekitar. Diharapkan dengan outdoor Study ini dapat mengasah aktifitas fisik dan kreativitas siswa, karena menggunakan strategi belajar sambil melakukan atau mempraktekan sesuai dengan penugasan.

Namun metode pembelajaran outdoor Study ini memerlukan perhatian yang ekstra dari guru-guru, pungkasnya. (Pani games)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *