Mpok Siti Tingkatkan Pariwisata Jakarta

16 Juni 2019 / 18:51 WIB Dibaca sebanyak: 647 kali Tulis komentar
Bagikan

Melihat minat yang tinggi akan wisata Jakarta, pihak Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Transjakarta membuat layanan publik berupa bus tingkat bagi para wisatawan untuk berkeliling menikmati objek wisata yang menjadi ikon kota Jakarta secara gratis, bersih, nyaman dan di bus ini semua penumpang dipastikan kedapatan tempat duduk.

Sebelum menjadi bus wisata, bus tingkat sudah pernah ada di Jakarta namun fungsinya hanya sebagai angkutan umum. Bus yang diberi nama City Tour atau biasa disebut ‘Mpok Siti’ hanya mencakup wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan sekitarnya dengan enam rute berbeda. Setiap rute memiliki tema tersendiri yakni sejarah Jakarta, Jakarta baru, Jakarta kesenian dan kuliner, Jakarta pencakar langit, Jakarta ruang terbuka, dan cagar budaya Jakarta.

“Meski temanya beda-beda, rutenya hampir sama. Lima rute berawal dari dari Masjid Istiqlal. Hanya Jakarta ruang terbuka yang dimulai dari Balai Kota menuju Kalijodo. Lima rute lainnya, sejarah Jakarta menuju Museum BI, Jakarta baru menuju Bundaran HI, Jakarta kesenian dan kuliner menuju Kota Tua, Jakarta pencakar langit menuju Bundaran Senayan, dan Cagar Budaya menuju Tanjung Priok.” Jelas Jono, seorang supir bus city tour.

Untuk dapat merasakan pengalaman menaiki bus wisata ini, wisatawan dapat menunggu di halte bergambar bus tingkat dan bertuliskan city tour yang sudah ditentukan. Halte-halte tersebut berada di BNI 46, Pasar Baru (Gedung Kesenian Jakarta), Juanda (Istiqlal), Monas 1, Monas 2, Balai Kota, Museum Nasional, Gedung Arsip, Museum Bank Indonesia, Sawah Besar, Pecenongan, Harmoni, Sarinah, dan Plaza Indonesia.

Pada setiap bus terdapat pemandu wisata yang akan menjelaskan masing-masing objek wisata dengan cara yang menyenangkan. “Kami mendapat pelatihan pemandu wisata setiap 2 minggu sekali, selebihnya saya membaca sendiri dari internet. Selain menambah pengetahuan saya, saya juga senang karena dapat berbagi ilmu,” kata Irawan, salah satu pemandu bus city tour.

Bagi yang ingin menghabiskan akhir pekan di Jakarta, bus ini dapat menjadi referensi untuk mengisi liburan dengan menikmati keindahan kota dan mengenal kota Jakarta lebih luas. Selain masyarakat umum, penumpang komunitas atau rombongan juga dapat memesan bus ini dengan mengirimkan surat permohonan peminjaman kepada PT Transjakarta. (Rifdah Khalisha/PNJ

BACA JUGA  Seni Tradisi Angklung Tetap Diakui PBB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *