Mendes Kagum Dengan Tatanan Kemasyarakatan Desa Sedyo Mulyo OKI

18 Januari 2020 / 18:23 WIB Dibaca sebanyak: 259 kali Tulis komentar

OKI | BBCOM | Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Indonesia, Abdul Halim Iskandar berkunjung ke Desa Sedyo Mulyo Kecamatan Mesuji Raya OKI, Sumsel, Sabtu, (18/1/20) menteri desa menyebut Salah satu desa terbaik di Indonesia ini merupakan desa surga.

“Datang kesini saya kagum dengan tatanan kemasyarakatannya,  dengan keindahannya saya pesan untuk terus tingkatkan daya tahan masyarakat terhadap berbagai godaan terutama narkotika dan radikalisme” Ungkap Mendes, Halim.

Halim menerangkan, desa surga adalah desa yang telah mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya. Tidak hanya itu, desa surga juga memberikan kenyamanan, kesejukan, keamanan, dan ketentraman, sehingga masyarakat betah untuk tetap tinggal di desa.

“Saya ingin memperbanyak desa surga. Desa surga itu semua untuk warga. Desa surga, jadi kalau warganya sejahtera, pembangunannya untuk warga, tidak ada sesuatu yang lain ya untuk warga,” terangnya.

Mendes menyebut Dana Desa yang dikucurkan ke Kabupaten OKI sebesar 293 M sudah terealisasi mencapai 100 persen.

“Terimaksih pak bupati dan para Kepala Desa dana Desa disini terserap dengan baik” ujar dia.

Mendes juga menyebut perubahan mekanisme Dana Desa di tahun 2020 yakni langsung ditransfer ke rekening desa tanpa melalui kas daerah.

“Bagian dari upaya percepatan realisasi dana desa. Gunakan sebaik-baiknya untuk infrastruktur padat karya agar warga di desa semakin berdaya” Ujar dia.

Selain berdialog dengan masyarakat, Mendes Halim juga mengunjungi balai desa serta infrastruktur lainnya yang ada di desa Sedyo Mulyo.

Mendes juga kagum dengan Koperasi desa yang mampu menjadi mitra pemerintah desa dalam membangun desa.

“Ini koperasinya lengkap, punya produk lengkap, ekonomi di desa ini bergerak” jelasnya.

Sementara Bupati OKI, H. Iskandar, SE merasa bersyukur visi membangun OKI yang dimulai dari desa selaras dengan visi presiden membangun Indonesia dari pinggiran segingga mendapat dukungan penuh dari pemerintah pusat.

“Kami berterimaksih kepada pemerintah, dana desa telah mampu menjadi penggerak ekonomi di desa, kami yakin akan makin banyak desa surga di Ogan Komering Ilir” tandas Iskandar. (Pani)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Herkules : Ada Beberapa Pembangunan di Pedamaran Akan Terealisalisi Ditahun Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *