KKN UPI Sosialisasi Gerakan Cinta Lingkungan di SDN 032 TIlil Sadang Serang

20 Januari 2020 / 20:50 WIB Dibaca sebanyak: 1289 kali Tulis komentar

BANDUNG | BBCOM | Pada Jumat, 17 Januari 2020, bertempat di SDN 032 TILIL Kelurahan Sadang serang, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citarum Harum Multihelix Universitas Pendidikan Indonesia UPI Kelurahan Sadang Serang melakukan kegiatan “Sosialisasi Gerakan Cinta Lingkungan” untuk seluruh siswa kelas 3 di SDN 032 TILIL, yang di mana dalam kegiatan sosialisasi tersebut terdapat beberapa pematerian seputar sampah.

Diantaranya yaitu pematerian tentang jenis-jenis sampah, pengelolaan sampah, dan pematerian tentang Program KANG PISMAN (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan).

KANG PISMAN (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan) ini merupakan program pemerintah kota Bandung yang di mana di dalamnya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga anak SD tentunya untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, styrofoam dan bahan lainnya yang sifatnya sulit diurai oleh alam dan beralih ke penggunaan barang-barang yang masih bisa digunakan kembali. Adapun maksud dari “Pisahkan” adalah pemisahan sampah rumah tangga seperti sampah makanan, sampah kertas, kaleng, botol plastik, dan sampah lainnya seperti sampah organik dan anorganik. Sedangkan yang dimaksud “Manfaatkan” adalah memanfaatkan sampah yang masih bisa dikreasikan menjadi suatu barang yang bermanfaat (daur ulang) seperti sampah botol plastik bisa dibuat menjadi kreasi celengan atau tempat pensil.

Disamping memberikan pematerian juga memberikan contoh pemisahan sampah yang benar yang disertai dengan video animasi. Acara tersebut juga turut dihadiri oleh Bapak Kepala sekolah SDN 032 TILIL yaitu Bapak Drs. Osa M. M.Pd, Dosen Pembimbing Kelompok KKN Kelurahan Sadang Serang yaitu Ibu Dr. Hj. Linda Setiawati M.Pd, serta beberapa guru wali kelas SDN 032 TILIL. Bapak Osa selaku Kepala Sekolah SDN 032 TILIL mengaku sangat bersyukur atas adanya Sosialisasi Gerakan Cinta Lingkungan ini. “Saya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada Mahasiswa KKN UPI Kelurahan Sadang Serang karena telah memilih SDN 032 TILIL dari sekian banyak SD di daerah ini sebagai tempat sosialisasi, semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini peserta didik kami semakin sadar dan peduli akan lingkungannya” pungkas Bapak Osa di SDN 032 TILIL.

Sosialisasi Gerakan Cinta Lingkungan ini berakhir hingga pukul 16.30 WIB yang diakhiri dengan kegiatan operasi semut oleh seluruh siswa kelas 3 SDN 032 TILIL beserta Mahasiswa KKN UPI Kelurahan Sadang Serang. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat membantu dalam mengurangi jumlah sampah yang ada di Kota Bandung, khususnya di Kelurahan Sadang Serang. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan kesadaran bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) khususnya di SDN 032 TILIL Kelurahan Sadang Serang agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. (Penulis adalah Istiqomah dan Nonah Sit)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Aher Lantik Sebanyak 166 Kepsek SMA-SMK dan SLBN se Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *