oleh

Ketum KB FKPPI Pontjo Sutowo Membuka Musda ke-X KB FKPPI Jabar,  Yana : Semoga Jalannya Organisasi Lebih Baik dan Lebih Maju Lagi 

BANDUNG | BBCOM | Ketua Umum KB FKPPI Pontjo Sutowo membuka secara resmi Musyawarah Daerah (Musda) ke-X Pengurus Daerah (PD)  Keluarga Besar   Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI/Polri (KB FKPPI) FKPPI Jawa Barat di Holtel Holiday Inn, Jalan Djundjunan, Kota Bandung, Sabtu 6 Agustus 2022.

Kegiatan Musda ke X PD KB FKPPI Jabar, akan berlangsung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (6-7 Agustus 2022) yang diikuti oleh Pengurus Pusat, Pengurus Daerah, Dewan Pembina Daerah, Organisasi Pendukung dan 23 Pengurus Cabang (PC) KB FKPPI Kabupaten/ kota se-Jabar. 

Pelaksanaan Musda X KB FKPPI Jabar dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Umum KB FKPPI Pontjo Sutowo, turuthadir Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo yang diwakili Aster Kodam III/Slw Kol Arm Saripudin, serta perwakilan Polda Jabar .

Dalam sambutannya, Ketum KB FKPPI Pontjo Sutowo menekankan bahwa, setiap anggota dan kader organisasi FKPPI harus mampu menunjukan semangat bela negara. Serta meningkatkan semangat bela negara di setiap lapisan masyarakat Indonesia.

“Jadi FKPPI memiliki garis merah, sebagai organisasi bela negara,” tegasnya di hadapan pengurus dan anggota KB FKPPI Jawa Barat.

Dirinya juga mengajak seluruh kader FKPPI untuk seyogyanya mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa, bukan hanya sekedar menghafal butir-butir Pancasila.

“Pancasila harus menjadi etos dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya sekedar menghafal butir-butir pancasila,” ungkapnya.

Untuk menjawab tantangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini, lanjut Pontjo, konsolidasi organisasi harus terus berjalan. Melalui Musda X KB FKPPI Jawa Barat, bisa menjadi rujukan dalam meningkatkan program organisasi untuk berpartisipasi membangun negeri. 

Dirinya juga mengingatkan, Musda bukan ajang untuk menentukan siapa yang menang, namun bagaimana peningkatan peran serta dalam membangun negeri.

“Semoga ini (Musda) bisa menjadi rujukan. Musda bukan untuk menang-menangan, tapi bagaimana temen-temen di Jawa Barat berpartisipasi dalam membangun negeri,” tutupnya.

Sementara, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo melalui Aster Kodam III/Slw Kol Arm Saripudin menyampaikan, semoga kegiatan Musda X KB FKPPI Jabar 2022 mampu menghasilkan pengurus baru yang amanah, kredibel dan akuntabel. 

Selain agenda utama pemilihan kepengurusan baru serta penyusunan rencana program kerja dan eksistensi organisasi.Kegiatan ini, lanjut Pangdam, menjadi momen berharga dalam meningkatkan komunikasi anggota, sekaligus memantapkan visi dan misi organisasi, yang dituangkan dalam rencana program kerja masa bhakti berikutnya.

Pangdam juga berharap, kegiatan Musda ini menjadikan seluruh anggota dan tingkat kepengurusan KB FKPPI Jawa Barat, sebagai momentum untuk merevitalisasi peran-peran organisasi agar bisa lebih bermanfaat dan berkontribusi terhadap kemajuan pembanguanan bangsa, khsususnya di Jawa Barat.

Untuk itu, sambung Pangdam, semua potensi sumber daya dan sumber daya manusia yang ada di keluarga besar seluruh FKPPI Jawa Barat perlu dioptimalkan sebaik mungkin.

“Agar keberadaan organisasi ini bukan sekedar sebagai organisasi papan nama, tetapi benar-benar organisasi yang eksis, karena terdengar suaranya, nyata terlihat aktivitasnya, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh anggota dan masyarakat,” pesan Pangdam III/Slw yang melalui Aster Kodam III/Siliwangi. 

Masih kata Pangdam, hal ini dapat direalisasikan dan diaktualisasikan dengan baik, apabila kepengurusan yang menahkodai memiliki kapasitas yang unggul, reaktif dan amanah serta memiliki program aksi yang visibel dan aktual terhadap kebutuhan dan perkembangan dinamika dan tantangan yamg dihadapi bangsa.

Tempat yang sama, Ketua PD KB FKPPI Jawa Barat yang juga Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyampaikan, Musda ini dilaksanakan dalam rangka kepemilihan pengurus serta evaluasi untuk menjadi lebih baik dan ini merupakan konsolidasi organisasi yang rutin dilaksanakan. 

“Hari ini dilaksanakan Musda ke-X  PD KB FKKPI Jabar yang merupakan salah satu kegiatan konsolidasi dan evaluasi organisasi yang rutin dilakukan. Selain itu juga akan dilakukan pemilihan kepengurusan, dan menyusun program kedepan yang tentunya harus jauh lebih baik,” ujar Yana kepada Wartawan.

Saat ditanya Wartawan, apakah  akan maju  mencalonkan  kembali  menjadi Ketua PD KB FKPPI Jabar ?…   Mendengar pertanyaan tersebut, Yana tersentak kaget.

“Kata siapa saya maju lagi ?.. ,” katanya kaget.  

“Saya nggak akan maju lagi, ujarnya.  

Apa harapan dan pesan kepada Ketua terpilih dan Kepengurusan PD KB FKPPI Jabar mendatang ?… Yana menjawab bahwa dirinya berpesan dan berharap kepada Ketua terpilih dan Pengurus PD KB FKPPI Jabar  semoga  jalannya roda organisasi FKPPI Jabar lebih baik dan lebih maju lagi. 

“Semoga pengurus yang akan datang lebih baik dan lebih maju dalam menjalankan roda organisasi FKPPI,” pesannya.

Di tempat yang sama,  Sekretaris Organizing Committee Musda X FKPPI Jabar Ir Dhanny Suryana mengatakan alhamdulillah Musda sudah dibuka secara resmi oleh Ketum KB FKPPI dan acaranya berjalan sukses.

Agenda selanjutnya, kata Dhanny, akan dilakukan sidang-sidang, seperti sidang soal pembahasan tata tertib, sidang-sidang bahasan komisi komisi dan sidang presidium.

“Setelah itu juga ada evaluasi tentang kinerja pengurus lama, kemudian ada tanggapan dari cabang-cabang,  kemudian baru dilanjutkan agenda pemilihan ketua secara demokrasi,” terangnya.

Untuk pemilihan ketua, akan dilakukan besok, Minggu 7 Agustus, di jadwalnya jam 10.00 WIB, dan hingga saat ini, kita selaku OC belum tau siapa saja yang akan dicalonkan.   Namun kita berharap pemilihan ketua berjalan lancar dan demokrasi,  harapnya. (*).

Komentar