oleh

Kapolres Cimahi Dapat Apresiasi Terkait Kampung Tangguh Nusantara

CIMAHI | BBCOM | Iyep Jamaludin S.sos kepala Desa Margaasih sangat mengafresiasi kunjungan kapolres cimahi AKBP Mochammad Yusup Maulana Marzuki beserta jajarannya dalam rangka melaksanakan kegiatan peninjauan kampung Tangguh nusantara yang diinisiasi POLRI kewilayahnya. Hal ini sangatlah mengundang antusias warga setempat dan bangga dengan adanya Atensi dari pejabat kepolisian yang jelas jelas memperhatikan situasi yang terbilang gawat terkait wabah Corona Covid-19.

Iyep Jamaludin S.sos mengatakan, Bahwa munculnya kampung Tangguh diwilayahnya sebagai bentuk inisiatif dan semangat warga margaasih dalam mencegah dan memutus mata rantai covid-19 juga bencana lainnya dengan kesiapan yang sudah dapat diantisifasi sebelumnya, Sehingga masyarakat sudah siaga dan tangguh dalam menghadapi situasinya.”Kata Iyep

Selain bidang kesehatan dalam pencegahan Covid-19 terkait kegiatan dan pelaksanaan kampung tangguh nusantara, Bidang ketahanan pangan pun masih tetap dilakukan, Yakni sebagian warga margaasih yang mayoritasnya petani masih melakukan Cocik tanam di lahan pesawahan yang luasnya mencapai 150 hektar dan sampai sekarang masih tetap produktif, Dan juga bidang perikanan yang mana masyarakat margaasih masih tetap membudi dayakan ikan lele sampai sekarang dan Alhamdulillah hasilnya pun lumayan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri.” Jelasnya.

Lanjut Iyep jamaludin S.sos, bahwa masalah air bersih diwilayahnya terbilang cukup lancar buat kebutuhan warga, namun kalau untuk kebutuhan ladang pesawahan yang perlu disikapi oleh para pelaku usaha yang selalu membuang air yang masih mengandung limbah (B3) Sehingga dapat mengganggu pertumbuhan tanaman padi, Sebab wilayah Margaasih sebagai penyangga kabupaten dan kotamadya, apalagi kota cimahi yang kebanyakan terdapat pabrik tekstil, sehingga pembuangan airnya notabenenya mengandung limbah.

Pihaknya pun melakukan upaya terhadap perusahaan nakal yang buang limbah dengan teguran serta himbauan tegas agar pembuangan air limbah harus diproses terlebih dahulu agar menjadi bersih dan tidak mengandung B3.

Saat yang sama Kapolsek Margaasih AKP. Sukarso SH. M.si menuturkan pelaksanaan kegiatan kampung tangguh sudah disiapkan sejak tiga bulan kebelakang awal maraknya Covid-19 yang mana tujuannya supaya masyarakat diwilayah kerjanya dapat mengatasi dan kuat dalam menghadapi wabah corona dan hasilnya terbilang lancar dan sukses, Dan inilah bukti nyata dari sinergitas antara masyarakat dan pengayom masyarakat untuk menjaga kondusifitas wilayah RW 19 kampung margaasih permai dan RW lainnya yang berada di sektor margaasih.” Ungkap AKP. Sukarso

Nandang Supriatna selaku Ketua RW 19 kampung margaasih permai mengucapkan rasa terima kasih yang sedalam dalamnya atas kunjungan para pengayom masyarakat dalam rangka meninjau pelaksanaan kampung tangguh nusantara dan menjadi pionir bagi kampung lain untuk senantiasa menjaga lingkungannya terhindar dari wabah Covid-19. Dan tak lupa juga untuk bersama sama dalam meningkatkan bidang ketahanan pangan, bidang sosial dan bidang kesehatan.” Tuturnya

Salah seorang warga RW 19 yang berinisial Esha (30th) merasa senang dengan kebersamaan keluarga besar kampung margaasih permai yang selama ini menjaga, membantu dan juga mencegah penyebaran covid-19, serta peran aktif ketua RW 19 yang selalu memperhatikan lingkungan serta warganya selama ini untuk tetap tangguh dalam segala hal.” Jelas Esha. (dp)

BACA JUGA  DPRD Dorong "Jabar Jadi Provinsi Kaya Benih Tanaman Hutan Bersertifikasi"

Komentar