oleh

Kades Kopo Bersama Warga RW 07 Bersihkan Sampah Lingkungan

KAB. BANDUNG | BBCOM | Untuk mengantisifasi banjir dan penumpukan limbah rumah tangga (Sampah) yang berada diwilayah RT 02 RW 07 Desa Kopo Kecamatan Kutawaringin Kab. Bandung, Maka dalam hal ini Pemerintah Desa Kopo sigap menangani permasalahan tersebut.

Dalam menyikapi keluhan warga RT02 RW07, Kepala Desa Kopo Entang Suryana langsung terjun kelapangan secara langsung ikut serta bersama masyarakatnya membersihkan sampah tersebut, Dan alhamdulillah kini tumpukan sampah saat ini berkurang.(jumat 04/06/2021).

Dikatakan Kades Kopo Entang Suryana saat di wawancara Bandung Berita .com, Beliau menjelaskan bahwa kegiatan jumat Bersih yang secara rutinitas tiap minggunya dilaksanakan bersama warga masyarakat dan Pemuda karang taruna secara sukarela, Dan hasilnya pun setidaknya dapat meminimalisir sampah secara kontinyu tiap minggu.”jelas Kades Kopo.

Lanjut Entang Suryana, kiniasyarakat dan Pemdes Kopo terus lakukan pembenahan lingkungan tiap RW di Wilayah Desa Kopo terkait masalah Tempat Pembuangan Sampah Sementara(TPSS) yang saat ini menggunakan lahan wakap pemakaman milik warga yang berada di pinggiran sungai Cidano.

Tumpukan sampah dari masyarakat kini mulai berkurang dengan cara dibakar menggunakan Drum bekas dan hasilnya pun sederhana namun setidaknya dapat mengatasi masalah sampah selama ini.

Harapan Kades Kopo, Pemerintah terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung harus dapat meninjau kelapangan secara langsung agar tahu situasi dan kondisi serta memberikan solusi agar sampah tidak menumpuk.

Maka dalam hal ini, Tempat pembuangan sampah sementara (TPSS) dan tempat pemilahan juga mesin penghancur atau mesin pembakaran haruslah ada. Agar nantinya sampah tersebut menjadi berkah bukanlah musibah.

“Kami berharap besar kepada pihak DLH kabupaten Bandung dapat berkolaborasi dengan pihak PemDes dan masyarakat untuk penyediaan Lahan TPSS.”

Sementara menurut ketua RT 02 RW 07 Wahyudin mengatakan bahwa semenjak dijabat kepala Desa kopo oleh Entang Suryana, Banyak kegiatan yang positif dilingkungan dan salah satunya program kebersihan lingkungan yang secara bersama sama diinisiasi oleh Pemuda karangtaruna Desa. Semoga kedepan Pemda Daerah dan melalui Dinas Lingkungan Hidup Kab Bandung lebih fokus terhadap penangulangan sampah.” Tegas Wahyudin.    (*R)

BACA JUGA  Covid Masih Mengintai, Plh Bupati Bandung Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Komentar