Kabid PKLK Sebut Sekolah Penting Berkolaborasi Dalam Mengembangkan Kurikulum

BANDUNG | BBCOM | Kurikulum di bidang Pedidikan merupakan hal yang sangat penting, karena kurikulum terdiri dari sekumpulan rencana, tujuan, dan materi pembelajaran, termasuk juga di dalamnya ada cara mengajar, bahkan menjadi pedoman agar mencapai target dan tujuan pembelajaran. Tanpa adanya kurikulum yang tepat, maka target pembelajaran akan sulit tercapai. Demikian disampaikan Kepala Bidang PKLK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat Deden Syaiful Hidayat, M.Pd, pada saat membuka kegiatan Workshop Tim Pengembangan Kurikulum di Hotel Grand Pasundan Jalan Peta Kota Bandung Rabu (23/11/2022).

Menurut Deden, seiring perkembangan zaman, kurikulum dalam dunia pendidikan terus mengalami perkembangan. Tentunya hal ini menyesuaikan dengan era globalisasi saat ini. “Oleh karena itu, sekolah penting untuk berkolaborasi dalam mengembangkan kurikulum,”ungkapnya.

Dikatakan, sejak dahulu, kurikulum pendidikan di Indonesia sudah beberapa kali mengalami perubahan. Kurikulum paling anyar diluncurkan oleh Mendikbudristek Nadiem Makarim pada Februari 2022, yaitu Kurikulum Merdeka. 

Kurikulum Merdeka merupakan bentuk evaluasi dari Kurikulum 2013 yang dimaksudkan sebagai perbaikan untuk memulihkan pendidikan pasca-pandemi Covid-19.

Perubahan kurikulum ini semestinya kata Deden, dapat menjawab berbagai permasalahan pendidikan dan tentunya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Khususnya di Jawa Barat. Maka kolaborasi suatu hal yang sangat penting. Hal tersebut diperlukan tim solid antar sekolah dalam upaya untuk mengembangkan kurikulum (deddy p)

Komentar