Iwa Karniwa: Pemprov Jabar Akan Bangun 20 Jembatan Penghubung Desa Tahun Ini

22 Maret 2019 / 21:30 WIB Dibaca sebanyak: 121 kali Tulis komentar

BANDUNG, BBCom–Sekretaris Daerah Jawa Barat (Sekda Jabar) Iwa Karniwa mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jabar akan membangun 20 jembatan penghubung desa di tahun 2019 ini. Iwa menuturkan, selain mempermudah akses transportasi antardesa, jembatan juga berperan dalam menekan inflasi dengan melancarkan perpindahan orang dan barang.

20 jembatan yang akan dibangun ini, kata Iwa, merupakan bagian dari 54 usulan permintaan jembatan penghubung desa yang diutamakan pembangunannya, yang didominasi oleh desa-desa di Jawa Barat bagian selatan dan Cirebon.

“Untuk 2019 ini ada 20 jembatan (yang diutamakan),” kata Iwa saat membuka kegiatan Forum Perangkat Daerah Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa se-Jabar, di aula gedung PKK Provinsi Jawa Barat, Jl. Soekarno Hatta Bandung, Kamis (21/3/19).

“Pak Kadis (DPMDesa Jabar) sudah mengidentifikasi keliling terus, sampai saat ini ada 54 jembatan desa yang kita akan coba usahakan, karena sangat penting untuk menyelenggarakan infrastruktur yang paling dasar untuk kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Disinggung terkait anggaran, Iwa mengatakan rata-rata anggaran per jembatan berkisar Rp200 juta.

Ia menambahkan, pihaknya akan mencari CSR (corporate social responsibility) untuk membantu tambahan pembangunan jembatan, mengingat dana dari APBD yang terbatas.

“Anggaran pembangunan jembatan rata-rata Rp200 juta. Nanti kita pun juga cari CSR, mudah-mudahan sih dengan adanya CSR, kita arahkan kepada pengusaha-pengusaha, silahkan mereka yang bangun, kita kasih datanya, masyarakat terima barangnya aja, itu lebih baik,” papar Iwa. (red)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *