ITB dan Universitas Trilogi Berkolaborasi Perkuat Tridharma Perguruan Tinggi                   

 

BANDUNG BB.ComTridharma Perguruan Tinggi harus dipahami bukan hanya sebatas ciri khas perguruan tinggi dengan satuan pendidikan lainnya. Lebih dari itu adalah sebuah tanggunjawab sosial yang harus diimpelementasikan. Tidak hanya berkutat di ranah pendidikan. Pada dua aspek dari Tridharma lainnya, yaitu penelitian dan pengabdian pada masyarakat juga harus dioptimalkan.

Atas dasar untuk memaksimalkan implementasi dari Tridharma tersebutlah, Universitas Trilogi melakukan kolaborasi dengan Insititut Teknologi Bandung (ITB). “Perguruan Tinggi harus memainkan perannya dengan maksimal, bukan hanya sebagai pusat pendidikan dan pengajaran, namun juga pada penelitian dan daya dukungnya kepada  masyarakat,” sampai Rektor Universitas Trilogi, Prof. Dr. Asep Saefuddin pada prosesi penandantanganan kerjasama kelembagaan dengan ITB.

Lebih lanjut, guru besar bidang statistika ini mengungkapkan meskipun berada di Perguruan Tinggi, namun persoalan budaya baca-tulis juga menjadi masalah yang masih menghampiri. “Padahal kita harapkan budaya riset harus lebih terasa di kampus,” sampainya.

Sementara itu, Rektor ITB, Prof. Dr. Kadarsah Suryadi menyambut baik terbentukya kolaborasi antara kampus yang dipimpinnya dengan Universitas Trilogi yang juga dikenal sebagai kampus pencetak teknopreneur ini. “Saya sangat mengapresiasi sekali atas perkembangan Universitas Trilogi ini, selain itu jumlah mahasiswa yang  kuliah di kampus ini juga terus dan semakin meningkat,” tuturnya.

Penandantanganan kerjasama antara Universitas Trilogi dan ITB yang langsung dihadiri oleh Rektornya masing-masing ini berlangsung pada hari Kamis (15/12) dan bertempat di Universitas Trilogi. Adapun  ruang lingkup dari kolaborasi tersebut selain fokus pada implementasi Tridharma Perguruan Tinggi. Kerjasama jua dilakukan dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan sumber daya.

Memang sejak awal, ITB juga menjadi salah satu kampus yang mendukung Universitas Trilogi melalui kerjasama pengembangan khususnya pada Program Studi yang berkaitan dengan industri kreatif dan telematika. Selain itu, kerjasama pengembangan Universitas Trilogi Program Studi lainnya juga dilakukan dengan beberapa kampus lainnya, yaitu IPB, UNJ, dan FT-Universitas Indonesia. (***)


 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *