Ineu Sebut Media Harus Berpegang Teguh Pada UU Nomor 40 Tahun 1999

5 Desember 2018 / 10:20 WIB Dibaca sebanyak: 72 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom– Untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas tidak dapat dilepaskan dari kontribusi dan peran media massa, karena media massa memiliki pengaruh yang luas di masyarakat. Karena itu Independensi media harus bisa tegak dan jauh dari pengaruh politik kubu manapun.

Demikian dinyatakan Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari kepada wartawan di Bandung.Rabu (5/12).

“Karena itu menghadapi momentum Pemilu 2019, media harus berpegang teguh pada UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers.”

Dikatakan Politisi PDI Perjuangan ini. isi dari UU tersebut yakni pers mempunyai fungsi menginformasikan, mendidik, menghibur dan pengawasan sosial. Dan mengingat media mempunyai pengaruh luas di masyarakat, pers harus gunakan fungsinya dengan baik sehingga kepentingan individu dan golongan dapat dilepaskan dengan mengutamakan kepentingan bersama.

Karena itu Ineu menilai, terwujudnya pemilu yang berkualitas, tidak terlepas dari kontribusi media dalam memainkan peran.

“Pelaksanaan pemilu yang aman dan demokratis memang menjadi kewajiban semua kelompok masyarakat bukan hanya penyelenggara pemilu dan aparat keamanan, tetapi ada peran media juga.”tuturnya.

Caleg DPRD Jabar dari Daerah Pemilihan Sumedang Majalengka Subang ini mengingatkan. “Eloknya pada Pemilu 2019, media melakukan fungsi kontrol, pendidikan politik, membantu masyarakat memberikan informasi yang benar dan berimbang. Sehingga masyarakat dapat menentukan pilihan politik”pungkasnya. (red)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *