oleh

Ineu;  Jabar Memiliki Banyak Industri, Warga Harus Aktif Awasi TKA Ilegal

BANDUNG BB.Com-Perlindungan terhadap tenaga kerja lokal harus ditingkatkan. Terlebih, saat ini sudah memasuki era ekonomi bebas ASEAN sehingga kehadiran tenaga kerja asing di Indonesia lebih mudah.

Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari mengatakan, perlindungan tenaga kerja Indonesia harus dilakukan. Terlebih di Jawa Barat yang memiliki banyak industri padat karya.

Menurut Ineu, perlindungan ini harus diberikan melalui keberpihakan kebijakan dan aturan-aturan. Perdangan bebas ekonomi ASEAN, lanjut Ineu, bisa menjadi tantangan sekaligus ancaman bagi tenaga kerja dan pengusaha dalam negeri.

Tenaga kerja dari negara lain sudah mempersiapkan diri untuk masuk ke Tanah Air. Selain dibekali skill dan kualifikasi khusus agar mampu bersaing, para tenaga kerja asing inipun dibekali dengan kemampuan berbahasa Indonesia.

BACA JUGA  Warga Cikabuyutan Timur Keluhkan Tumpukan sampah di Jalan Pangandaran

“Bisa jadi ke depan bukan hanya buruh saja yang diserbu tenaga kerja asing. Guru, dosen, dokter, nanti bisa jadi diserbu asing juga karena MEA awalnya ekonomi tapi ke depan akan berpengaruh kepada bidang-bidang kehidupan lain,” kata Ineu, Kamis (2/2).

Oleh karena itu, Ineu meminta pekerja Jabar agar meningkatkan keterampilan dan kompetensi mereka. Masyarakat harus mempersiapkan diri dengan terus meningkatkan kompetensi dan skill agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. (***)


 

Komentar