Hilman Berharap, Kerjasama PWI dan Uninus Bisa Membuat Pelatihan dan Penelitian di Bidang Jurnalistik

5 Maret 2020 / 20:12 WIB Dibaca sebanyak: 195 kali Tulis komentar

BANDUNG | BBCOM |Persatuan  Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Perguruan Tinggi Universitas Islam Nusantara ( UNINUS) Banďung . Kerjasama dalam rangka mengembangkan kompetensi di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

 

Penandatanganan kerja sama dilakukan Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat dengan Rektor Uninus, Agus Sudarya di Kampus Uninus, Jln. Seokarno Hatta, Rabu (4/3/2020).

Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat dalam sambutannya mengatakan, kerja sama antara PWI dan Uninus merupakan hal yang tepat. “Harus ada kesesuaian antara organisasi profesi dengan institusi pendidikan, apalagi di era digital sekarang. Kerja sama ini salah satu caranya,” kata Hilman.

Menurutnya, PWI sebagai organisasi profesi wartawan, mempunyai kewajiban untuk melakukan pendidikan jurnalistik, termasuk ke dunia kampus. “Contohnya lewat kerja sama ini, Kode Etik jurnalistik bisa disebarkan ke kampus-kampus yang mempunyai prodi Jurnalisik,” ujarnya.

BACA JUGA  Sidang Senat Terbuka Dies Natalis UIN SGD Bandung ke-52 Digelar Melalui Teleconference

PWI pun, lanjut Hilman, membutuhkan suport dari lembaga pendidikan. “Dari 12.000 wartawan di  Indonesia, yang menjadi anggota PWI sekitar 1.200 lebih, yang lulus Uji Kompetisi Wartawan baru sekitar 700. Bisa dibayangkan, sisanya yang belum lulus, bagaimana mereka menulis berita,” ujarnya.

Hilman berharap, PWI dan Uninus bisa membuat pelatihan-pelatihan dan penelitian di bidang jurnalistik.

Sementara itu, Rektor Uninus, Agus Sudarya berharap banyak dari kerja sama dengan PWI dan sejumlah lembaga lainnya, bisa memajukan sumber daya manusia Indonesia. “Kita menyadari di era yang sangat maju ini, di era digitalisasi, di era 4.O, tanpa kerja sama, tanpa kita bersinergi, kami berkeyakinan tidak akan terwujud peningkatan sumber daya manusia,” katanya.

BACA JUGA  Tidak Diterima Sekolah Negeri, Puluhan Ortu Siswa Jalur KETM Geruduk Disdik Jabar

Tanpa kerja sama dengan lembaga profesi dan perusahaan, lanjutnya, mahassiswa Uninus tidak bisa belajar dengan sempurna karena hanya mengetahui teori saja. ita menyadari tidak melakukan kerja sama,

“Kami dari Uninus mengharapkan untuk diberi ruang dan kesempatan bagi mahasiswa-mahasiswa kami untuk diterima mengadakan pelatihan, penelitian, dan berbagai kegiatan. Semoga kerja sama ini memberikan faedah dan semangat untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia di masa depan,” katanya.

Pada kesempatan yang sama,dlakukan penandatanganan kerja sama antara Uninus dengan Harian Pikiran Rakyat, Tribun Jabar, Bandung TV, Pengda Bandung Ikatan Notaris Indonesia (INI), dan Dana Bagus. ( rls/ red).

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *