Grand Design Pendidikan Tidak Hanya Sebatas Wacana

12 November 2016 / 08:47 WIB Dibaca sebanyak: 642 kali Tulis komentar

guru-pendidikanBANDUNG BB.Com–Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih, dalam rilis yang diterima jabarprov.go.id, Rabu (9/11) mengatakan organisasi guru diminta mengusulkan pendapat kepada pemerintah perihal pengelolaan secara umum (grand design) tentang Pendidikan Nasional.

Pasalnya, saat ini pemerintah seperti mengalami kesulitan dalam merumuskan model yang tepat bagi pendidikan di tanah air. Hal itu dibuktikan dengan tidak konsistennya kurikulum yang silih berganti sesuai dengan pergantian menteri.

Hal tersebut, menunjukkan Pemerintah Indonesia belum memiliki Konsep Pendidikan yang berkelanjutan.

“Usulan tersebut, nantinya akan disampaikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

Menurut Fikri, peran praktisi pendidikan dalam hal ini adalah guru sangatlah penting untuk dirumuskan dan disampaikan kepada pemerintah. Sehingga grand design pendidikan tidak hanya sebatas wacana yang tercatat di dalam kurikulum, tetapi bisa untuk diterapkan oleh penyelenggara pendidikan dan guru.

Konsep pendidikan Indonesia seharusnya disesuaikan dengan tujuan negara. Sehingga, pendidikan tidak hanya menjadi sebuah solusi untuk mengembangkan kesejahteraan tetapi juga membantu untuk menanamkan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

“Gunanya guru-guru menyampaikan rumusan pendidikan adalah untuk nantinya konsep pendidikan itu bisa diterapkan. Tidak sebatas administratif, tapi benar-benar dengan hati,” pungkasnya.


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *