oleh

Bupati Ciamis, Hadiri Pelantikan DPD PPSI

CIAMIS | BBCOM | Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya, hadiri pelantikan pengurus DPD Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI)
Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di aula dasa darma gedung pramuka, Sabtu (15/01/2022).

Herdiat sangat mengapresiasi atas terbentuknya kepengurusan PPSI di Kabupaten Ciamis dan mengajak untuk menjaga serta melestarikan silat buhun.

“Silat buhun merupakan warisan karuhun (leluhur) yang harus dirawat, dijaga, serta dipelihara agar terus ada,”

“Mari kita hidupkan kembali pencak silat tradisional di Ciamis, kalau bukan oleh kita sama siapa lagi,”

“Saya akan bekerjasama dengan ketua DPRD Kab. Ciamis untuk membantu para penggiat pecak silat buhun yang masih mempertahan silat tradisi selama ini,” jelasnya

Pada kesempatan itu pula, Herdiat didapuk sebagai dewan pembina PPSI Ciamis.

Sementara itu, Imanuel Yahya atau panggilan akrab Abah Iman. Selaku ketua DPD PPSI terpilih, menjelaskan kepada awak media,

“Kedepan, jajaran PPSI di Kabupaten Ciamis akan terus mengembangkan seni tradisi pencak silat tradisional serta menggali potensi yang ada tiap tiap daerah,”

“Sudah tiga puluh dua tahun PPSI di tatar galuh Ciamis telah pakem (tidak ada kepengurusan) dan sekarang para kasepuhan telah bangkit kembali,” tandasnya.

Dengan slogan PPSI memiliki Budi – Bakti – Sakti, Abah Iman tentu ingin menjaga dan melestarikan budaya silat tradisi serta memupuk para generasi muda.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Ketua DPRD Kab. Ciamis H. Nanang Permana,SH. Kapolres Ciamis, Dandim Ciamis, dan Rektor Universitas Galuh serta jajaran lain nya. (D Hendra)

Komentar