Bawaslu Kota Banjar Awali Program “Saba Sakola” di SMK NU Ma’arif

30 November 2019 / 12:28 WIB Dibaca sebanyak: 329 kali Tulis komentar

BANJAR | BBCOM | Bawaslu Kota Banjar hari ini mengunjungi SMK NU Ma’arif Kecamatan Langensari, sabtu (30/11/2019),  kunjungan kali ini merupakan awal nya di mulai program Bawasalu yaitu Saba Sakola, tujuan dari kegitan program saba sakola untuk mengajak siswa/siswi sekaligus memberikan edukasi politik dan sebagai pemilih pemula kedepan nya agar mereka melek Demokrasi.

Dalam kunjungan kali ini Ketua Bawaslu Kota Banjar, Irfan Saeful Rohman, S.HI mengatakan, kegiatan pertama ini di desain sendiri oleh Bawaslu Kota Banjar, Jawa Barat.

” Ini di desain sendiri oleh bawaslu sekaligus merupakan progran pertama di Indonesia dan baru di kota Banjar, “Kata irfan

Menurut Irfan Bawaslu sengaja memilih menyambangi ke pemilih-pemilih pemula, melalui program Bawaslu Saba Sakola ini sebagai upaya transformasi informasi dikalangan pemilih pemula tentang Demokrasi dan Pemilu untuk kota Banjar.

” Jadi pinsipnya adalah Mengajak Pemilih Pemula Melek Demokrasi dan menjadi Pemilih Cerdas,” ungkapnya.

Secara umum Grand desain dari Bawaslu Kota Banjar target nya adalah para pemilih pemula, dengan Saba Sakola  diharapkan program ini dapat menyasar seluruh potensi-potensi pemilih pemula. 

Di tempat terpisah Rudi Ilham Ginanjar, S.Pd. Anggota Bawaslu Kota Banjar menambahkan, bawaslu saba sakola ini merupakan bentuk  upaya pencegahan dan pengawasan partisipatif pada pemilu yang akan datang.

“ Dengan membentuk karakter pemilih pemula, kedepanya ini akan menjadi kader pengawasan dan pemilih yang cerdas”, imbuhnya.

Salah satu siswa, Anam Ma’ruf (17), mengapresiasi kegiatan  Bawaslu Saba Sakola, menurutnya dengan adanya sosialsisi ini, dirinya bisa lebih memahami proses demokrasi dan sistem pelaporan jika terjadi pelanggaran.

“Adanya kegiatan ini, kami jadi bisa lebih mengerti dengan tatacara pengawasan dalam pemilu”, pungkas nya.(Johan)

Bagikan
Share
BACA JUGA  Wawan Gugur Saat Bertugas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *