oleh

Antisipasi Pemalsuan Uji KIR, Dishub Kota Bandung Meluncurkan Aplikasi BLU-E

BANDUNG | BBCOM | Guna mengantisipasi terjadinya “pemalsuan” terhadap Bukti Lulus Uji Kendaraan Bermotor, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung resmi meluncurkan inovasi baru yaitu aplikasi Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-E) berbentuk ‘smart card’ sebagai pengganti Bukti Lulus Uji KIR, pada hari Kamis, 5 November 2020 di kantor Dishub Kota Bandung, Jalan SOR GBLA, Kota Bandung.

Wali Kota Bandung, Oded M Danial menyebutkan, aplikasi BLU-E ini dapat meminimalisir terjadinya pemalsuan uji KIR yang selama kerap dilakukan oleh Oknum. 

“Dengan adanya BLU-E ini bisa memberikan dampak yang positif untuk melaksanakan pengujian. Saya berharap dengan elektronik ini bisa membangun kedisiplinan dan mengurangi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Oded.

BACA JUGA  DPRD Jabar Pantau Kesiapan KPU Tasikmalaya.

Oded menambahkan, melalui sistem elektronik ini, pengujian kendaraan bermotor lebih mudah dan hasil pengujiannya dapat diketahui secara online. 

“Pendaftaran pun bisa langsung online, kemudian hasil pengujiannya bisa lebih cepat dan mudah diterima oleh konsumen,” jelas Oded.

Oded berharap, dengan keebihan dari aplikasi BLU-E ini bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bandung.

BACA JUGA  Ridwan Kamil, Sekolah/Kantor Dinas Supaya Menggelar Kegiatan Keagamaan

“Artinya, retribusi pajak lebih mudah dan cepat sehingga berdampak pada PAD,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dishub Kota Bandung, M. Ricky Gustiadi menyatakan, BLU-E ini juga sebagian dari upaya Pemkot Bandung untuk menekan praktik percaloan. Serta meminimalisir adanya pemalsuan Buku Lulus Uji kendaraan bermotor yang kerap ditemui di lapangan.

“Artinya secara pendaftaran dan pembayarannya bisa langsung online. Kemudian juga hasilnya lebih mudah dan lebih cepat diterima konsumen. Bisa datang langsung ke loket atau pakai aplikasi,” ujar Ricky. (*)

Komentar