138 Ruang Kelas SMA/SMK di Cianjur Mengalami Kerusakan Akibat Gempa 

BANDUNG | BBCOM | Usai memaparkan program dan langkah strategis Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat, Kadisdik Dedi Supandi menyampaikan adanya kerusakan beberapa sekolah yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur. 

Dedi menyebut bangunan sekolah yang rusak rata-rata berada di pusat gempa. Dalam. catatannya, lebih kurang 138 ruang kelas sekolah di Kabupaten Cianjur mengalami kerusakan karena terdampak gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6, Senin (21/11/2022). 

Dikatakan Dedi data bangunan sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengalami kerusakan ringan maupun kerusakan berat. 

“Dari 138 ruang kelas yang rusak akibat gempa paling parah daerah Cugenang dan Cilaku,” kata Kadisdik Jabar, disela-sela acara kegiatan Strategi Kehumasan Dalam Program Unggulan Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. 

Dedi mengatakan pihaknya sudah melakukan langkah-langkah agar Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kabupaten Cianjur bisa berlangsung kembali. 

Dia menginstruksikan kepada kepala sekolah di wilayah terdampak bencana untuk melakukan KBM dengan tiga pola. “Daring keseluruhan, ada hibrid daring dan luring bagi yang terdampak tidak terlalu besar dan.Ada juga yang buka shift, pagi dan siang,” ucapnya. 

Dihadapan sejumlah peserta diskusi yang terdiri dari para awak medià LSM dan praktisi pendidikan, Kadisdik Jabar Dedi Supandi memaparkan terkait program kemajuan pendidikan 

Selain DAK dan BULD SMK, juga anggaran Biaya Operasional Sekolah (BOS) menjadi pokok bahasan.Dimana dalam mekanisme bantuan yang diberikan oleh pemerintah berdasarkan depodik atau jumlah siswa kedepannya akan dievaluasi. 

Dedi juga menyampaikan untuk lomba 02SN, tahun ini Jawa Barat, mendapat juara umum. Setelah mengungguli Jawa Tengah Jatim DKI dan Jogya. ” Sudah beberapa tahun ini Jabar, tidak pernah mendapat juara dalam ajang lomba 02SN. Alhamdulillha tahun 2022 ini Jabar juaranya,” kata Dedi, dihapan peserta diskusi yang digelar di Puri Setia Budhi Residence Hotel  Jalan DR. Setia Budhi NO. 378 Bandung Rabu (23/11/2022) (red)

Komentar