oleh

Warga Cikaso Banjaranyar Ciamis Panik, Sungai Ciputrahaji Meluap

CIAMIS| BBCOM | Paniknya warga Dusun Karangsari Desa Cikaso Dusun Karangsari Rt. 05 Rw. 01 Desa Cikaso, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis – Jawa Barat,
diakibatkan guyuran hujan yang terjadi dari siang hari. Tingginya intensitas hujan yang mengguyur Kecamatan Banjaranyar dan Kecamatan Banjarsari, mengakibatkan Sungai Ciputrahaji dan Sungai Cikaso meluap.

Akibat luapan Sungai Ciputrahaji, puluhan rumah warga mulai terendam air, menurut penuturan Ahmad (56) warga setempat mengatakan,”Hujan terjadi sejak pukul 14.00 WIB, hingga petang hujan tidak urung reda, air sungai Ciputrahaji dan Cikaso masih deras,”

“Disekitaran sini sudah puluhan rumah yang teredam air, saya juga sudah mulai mengemas barang serta menaikannya ke atas meja, khawatir air terus naik”tuturnya.

BACA JUGA  KPU Apresiasi Peran Jurnalis dan Pemuda Sukses Demokrasi Kota Banjar

“Kami mulai cemas, hujan tak kunjung reda dan air di depan juga belakang rumah mulai naik, sekarang ketinggiannya sudah mencapai kurang lebih 30 cm di depan rumah” ungkapnya. Selasa (02/02/2021)

“Sebagian warga pun ada yang sudah mengungsi, kami masih trauma banjir yang telah melanda wilayah kami beberapa waktu yang lalu,”

BACA JUGA  BLKPMI Latih Calon Pekerja Migran ke Jepang

Ahmad berharap, semoga hujannya segera reda, agar air sungai Ciputrahaji dan sungai Cikaso cepat surut, warga pun tidak tenang dengan kondisi seperti ini, pasalnya harus terus memantau ketinggian air.

Pantauan BBCOM dilapangan, selain merendam sebagian wilayah Desa Cikaso, luapan air sungai Ciputrahaji juga merendam Dusun Pongporang, Desa Sindangrasa dan Dusun Purwasari di Desa Cigayam. Ketiga Desa tersebut berada di wilayah Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis.(D Hendra)

Komentar