Tips Menjadi Pebulu Tangkis

25 Juni 2019 / 12:11 WIB Dibaca sebanyak: 3550 kali Tulis komentar

Untuk menjadi pebulu tangkis tidak semudah yang kita bayangkan, kita harus memerlukan latihan yang rajin dan teratur, selain itu mempelajari teknik-teknik dasar permainan bulu tangkis.

Dikutip dari Wikipedia.com, bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock“) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Menurut laman Sportsregras.com, bulutangkis yang bisa dimainkan secara individu atau ganda, terdiri dari game 3, yang cocok dengan yang terbaik dari tiga (yang memenangkan dua pertandingan pertama). Tujuannya adalah untuk mencapai poin 21 terlebih dahulu di game, harus memiliki perbedaan poin 2 di antara mereka untuk menyelesaikan permainan. Jika gametersebut mencapai 29 × 29, maka siapa pun yang mendapat nilai 30 pointmenang terlebih dahulu.

Seperti yang dilansir oleh Badmintonindonesia.org, olahraga bulu tangkis Indonesia dinaungi oleh PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia, sedangkan induk organisasi internasional dinaungi oleh BWF (Badminton World Federation).

Untuk menjadi pemain bulu tangkis tidak hanya sekadar main tanpa dasar, “Untuk menjadi pemain bulu tangkis kita harus menguasai semua teknik dasar karena di dalam olahraga apapun sangat penting penguasaan teknik dasar, selain itu kita juga harus berlatih penuh keyakinan dan konsisten,” ujar Ilham Setiadi salah satu pelatih bulu tangkis dan juga Mahasiswa Jurusan Kepelatihan di Akornas (Akademi Olahraga Nasional).

Rian salah satu pemain bulu tangkis yang pernah memenangi kompetisi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional di Kota Cilegon bersama timnya, dia mengungkapkan untuk menjadi pemain profesional maka kita harus berusaha keras, percaya diri dan konsisten.

Menjadi pebulu tangkis kita harus latihan yang rajin serta menguasai teknik-teknik dasar. Maka, untuk itulah di dalam mempelajarinya, seperti yang dilansir gurupenjaskes.com tentang teknik dasar bulu tangkis.

Seorang pemain bulu tangkis profesional baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional pada awal karir harus menjalani dan melewati masa pelatihan dan pembinaan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan dan membekali para pemain tersebut dengan berbagai ilmu yang harus mereka ketahui dan kuasai hingga akhirnya dianggap layak terjun ke lapangan pertandingan oleh pelatih atau instansi yang membina mereka.

Dalam masa pelatihan dan pembinaan ini pemain diberikan ilmu teori dan juga praktek untuk bisa bermain dengan benar sesuai dengan aturan permainan bulu tangkis. Dalam permainan olahraga bulu tangkis terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai sebagai modal dasar atau modal awal menjadi seorang pemain bulu tangkis profesional. Diperlukan kemampuan menguasai teknik dasar bermain bulu tangkis, seperti

1. Cara memegang raket (grip),

2. Pukulan (forehand),

3. Gerakan kaki (footwork),

4. Sikap dan posisi badan,

5. Posisi badan ketika memukul (hitting position),

6. Service,

7. Pengembalian service,

8. Overhead,

9. Smash,

10. Dropshot, dan

11. Netting.

Dengan mengetahui teknik dasar di atas akan mudah untuk berlatih dan menjadi pebulu tangkis yang baik.

(Akhmad M Awwal/Politeknik Negeri Jakarta

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *