Tim Korea Akan Bertanding di Tiga Cabor di 18th Asian Games

30 Juni 2018 / 20:30 WIB Dibaca sebanyak: 244 kali Tulis komentar

JAKARTA BBCom-The Olympic Council of Asia (OCA) telah mengumumkan bahwa Korea Utara dan Korea Selatan akan bergabung dalam satu tim di tiga cabang olahraga dan enam kegiatan pada 18th Asian Games di Indonesia dan Palembang.

Pertemuan yang dihadiri oleh empat pihak ini diselenggarakan di Kantor Pusat INASGOC pada kamis pagi , OCA mengatakan bahwa kedua Komite Olimpiade Nasional akan bergabung di kompetisi olahraga basket, perahu naga, dan dayung, yaitu:

– Basket Wanita
– Perahu Dayung Pria dan Wantia, yang merupakan disiplin atas Kano/Kayak di program Olahraga,
– Dayung Pria : LM4- , LM8+, dan Dayung Wanita LW2X

Namun demikian tidak boleh ada penambahan kuota untuk atlit yang sudah diberlakukan ke seluruh NOC yang lain. OCA menyambut partisipasi gabungan dari dua Negara Korea ini dengan antusias, “Ini akan menjadi sejarah di Asian Games bagi OCA dan bagi benua.Asia sendiri karena ini akan menjadi kali pertama bagi Korea Utara dan Korea Selatan bersatu sebagai sebuah tim di beberapa olahraga.” Ujar Direktur Internasional dan Hubungan Komite Olimpiade Nasional OCA, Vinod Kumar Tiwari.

“Mereka sudah pernah jalan beriringan sebelum Upacara Pembukaan dan kami sangat senang bahwa mereka akan melanjutkan kerjasama persatuan ini dalam semangat persatuan dan persahabatan yang lebih lanjut.Kami berterimakasih kepada kedua NOC dari Korea Selatan dan Korea Utara atas kedatangannya ke Jakarta dan melanjutkan pengajuan mereka atas persatuan tim ini. Kami pun berterimakasih kepada Panitia Pelaksana Asian Games 2018 atas dukungannya.”

Meskipun batas akhir untuk pendaftaran NOC untuk mengumpulkan nama sudah ditutup pada tanggal 30 Juni, khusus untuk tim gabungan ini diperpanjang hingga 10 Juli. Asian Games ke-18 akan berjalan dari tanggal 18 Agustus hingga 2 September di Jakarta dan Palembang dengan 40 Cabang Olahraga, 67 disipliin, dan 463 kegiatan. Sekitar 10.000 atlit akan berkompetisi dari 45 negara. Basket Wanita akan diselenggarakan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, dan Perahu Naga di Palembang. Pertemuan ini juga memutuska bahwa delegasi gabungan akan diwakilkan oleh 200 atlit dan utusan resmi di Parade Upacara Pembukaan, dengan pembagian 100 bagi masing- masing.

Tiga delegasi dari Pyongyang yang dipimpin oleh Wakil Presiden NOC DPR Korea Won Kil U, dan empat perwakilan dari Seoul yang dimpimpin oleh Choong R Jeon sebagai Sekretaris Jendral. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Sajfrie Sjamsoeddin dan Direktur International Relations Pelaksana Asian Games 2018, Indra Kartasasmita. – Olympic Council of Asia. (***)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *