oleh

Tertata Rapi, Komisi II Apresiasi Revitalisasi Situ Ciburuy

KBB | Dialog Rakyat |  Konsisi terkini Situ Ciburuy setelah ditata dan direvitalisasi semakin eksotis dan menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan kini Situ Ciburuy menjadi salah satu icon baru pariwisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat.

Situ Ciburuy  yang  berlokasi di Kacamatan Padalarang  Kab Bandung Barat, baru diresmikan oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil setelah selesai direvitalisasi.

Kini, wajah baru destinasi wisata Situ Ciburuy secara keseluruhan tampak lebih cantik dan tertata rapi tanpa mengesampingkan fungsi air baku dan irigasi.

“Revitalisasi Ciburuy selesai, yang dulu kurang tertata, warung-warungnya kumuh sekarang sudah bisa dilihat rapi, bersih, warga bisa berinteraksi dengan nyaman, UMKM-nya juga kita fasilitasi. Ini hadiah buat warga KBB menambahi pusat-pusat pariwisata yang sudah luar biasa di KBB,” ujar Ridwan Kamil.

Anggota Komisi II DPRD Jabar H. Syamsul Bachri, SH, MBA  dari Fraksi PDI Perjuangan  mengapresiasi atas telah selesainya Revitalisasi Situ Ciburuy.

KondisiSitu Cuburuy kini kelihatan lebih cantik, nyaman dan indah, hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang  untuk menikmati dan berlibur di kawasan Situ Ciburuy baru yang terletak di Kabupaten Bandung Barat tersebut.

Hal ini dikatakan Syamsul Bachri saat dimintai tanggapannya, terkait telah selesai dan diresmikan oleh Gubernur Jabar beberapa hari lalu, Senin (15/8/2022).

Dikatakan, penataan dan revitalisasi kawasan Situ Ciburuy yang memiliki lahan luas 41 hektar, menghabiskan dana sebesar Rp.32 miliar berasal dari APBD Jabar tanhun anggarn 2019 dan 2020.

Proses pekerjaannya sedikit tersedat  karena pandemic covid-19,  namun setelah kondisi membaik barulah pekerjaan revitalisasi dilanjutkan.

Lokasi Situ Ciburuy letaknya sangat strategis, berada di dekat pemukiman warga, sehingga selain berfungsi sebagai irigasi dan penyedia air baku juga ada fungsi rekrasi/ pariwisata.  Untuk itu, kenapa DPRD Jabar mendukung keinginan Pemprov Jabar untuk melakukan reviltalisasi.

Kini, setelah kawasan Situ Ciburuy selesai diraviltalisasi , kondisi cukup cantik, indah dan nyaman, sehingga sangat tepat dijadikan distinasi wisata.  Bahkan, beberapa waktu lalu,ketika pimpinan dan anggota Komisi II DPRD Jabar meninjau kondisi hasil revitalisasi Situ Ciburuy, kita optimis tingkat kunjungan wisata ke Situ Ciburuy akan terus meningkat.

Semakin banyak wisatawan mengunjungi Situ CIburuy, tentunya sangat positifbagi mayarakat sekitar, karena secara tidak langsung dapat meningkatkan perekonomian masayrakat.  Bahkan Komisi II juga mendorong agar para pelaku UMKM dapat menjajakan karya kuliner mereka baik berupa makanan, minuman maupun berbentuk souvenir untuk dibawa pulang oleh wisatawan.

Lebih lanjut, politisi PDIP ini mengatakan,  untuk  mendukung  kepariwisataan  di lokasi Situ Ciburuy,  Komisi II DPRD Jabar  mendorong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar, agar  dibuatkan event pariwisata,  baik berupa Ciburuy Fashion Week, pameran seni budaya hingga lomba perahu tradisional, tandasnya. (hms)

Komentar