Ternyata.! Penata Musik Opening Ceremony PON XVIII di Riau Musisi Asal Bandung.

17 September 2016 / 11:28 WIB Dibaca sebanyak: 683 kali Tulis komentar

ade%20rudiana_editBANDUNG BB.Com– MENDENGAR nama Ade Rudiana, memang masih agak asing di kuping dan benak kita. Tetapi jika mendengar dan membaca nama Ade IDEA Percussion. Akan langsung teringat dengan sosok seorang musisi yang ramah dan santun. Bahkan kalau diajak ngobrol tentang musik, susah untuk dihentikan. Begitupun dengan para pemirsa televisi, pasti akan ingat dengan penampilan “IDEA Percussion” yang kerap mengiringi artis-artis “papan atas”.

Dalam berbagai program acara hiburan di televisi seperti di SCTV, RCTI, Trans TV, ANTV, Indosiar serta beberapa televisi lainnya. Bahkan musik-musik hasil karya Ade IDEA Percussion ini. Sempat menjadi Musik Opening Sabuk Emas RCTI dan masih banyak lagi event olah raga lainnya, baik Nasional maupun Internasional.

“Bagi saya musik adalah kehidupan. Dan Saya tidak bisa lepas dari musik,” ujar Ade serius membuka perbincangan.

Para “penikmat musik” di era tahun 90-an sampai sekarang. Pasti benak kita akan teringat dengan nama satu grup band “sohor” asal kota Bandung yaitu KRAKATAU band. Ya..tahun 1993, Ade Rudiana memang mulai. bergabung dengan Krakatau band. Ade dipercaya sebagai penata musik percussion. Bahkan dengan Krakatau ini, Ade sempat konser di “mancanegara”, salasatunya “Krakatau Tour of Amerika and Canada tahun 2004”.

“Saya banyak pengalaman selama bergabung dengan Krakatau. Beberapa negara sempat kita singgahi untuk konser,” kata musisi “pituin” orang Sunda asal Sumedang Jawa Barat ini. Ketika ditemui di salasatu tempat di kawasan Buahbatu Bandung, hari Jumat (16/9/).

Bagi Jawa Barat hususnya dan Indonesia umumnya. Tentu saja Ade IDEA Percussion ini bisa dikatakan sebagai “asset” Jawa Barat. Sebab kita bisa berbangga diri, ternyata Ade IDEA Percussion, adalah “Penata Musik” Opening Ceremony PON XVIII/2012 di Riau. Apalagi yang kebetulan pada hari ini Sabtu (17/9), nanti malam akan dibuka dan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Saya merasa bangga sebagai warga Jawa Barat. Saya kebetulan di PON XVIII/2012 di Riau, saya ikut terlibat. Eh…PON XIX/2016 pas lagi di Jawa Barat,” papar Ade yang mengaku merasa sangat bangga, sebagai warga Jawa Barat. Apakah kang Ade, ikut terlibat di PON XIX/2016 sekarang ini…? “Alhamdulillah saya dipercaya. Membuat album Kompilasi untuk PON XIX/2016 Jawa Barat ini. Dan ini mungkin dapat dikatakan, selama PON berlangsung, belum pernah ada penyelenggara PON yang membuat Album Kompilasi. Mungkin ini kelebihan Jawa Barat,” papar Ade IDEA Percussion yang sempat juga menjadi “Penata Musik” Opening Ceremony SEA GAMES 26th-2011 di Palembang, Asia-Afrika Smart City Summit, Peringatan 60 th Konferensi Asia-Afrika, Indonesia Smart City Forum Bandung, PORDA Jabar serta masih banyak lagi yang lainnya.

Memang nama Ade Rudiana atau yang lebih “sohor” dengan nama Ade IDEA Percussion ini. Dalam menekuni dunia musik, sudah tidak diragukan lagi “jam terbang” nya. Menggelar Misi Kebudayaan dan Pertunjukan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Sudah menjadi “santapan” nya. Tahun 1997 Manly International Jazz Festival di Sidney, tahun 1999 Asia Light Instrument di Singapura, tahun 2000 Midem 2000 di Perancis, tahun 2002 Tour Venezuella dan Bulgaria, tahun 2003 Tour Eropa Timur dan negara-negara Balkan, Shanghai (Cina), Philip Jazz Festival (Malaysia), tahun 2015 Konser Musik di Royal Conservatorium Den Haag Belanda, tahun 2016 Uzbekistan International Jazz Festival With Dwiki Dharmawan serta banyak lagi. “Kalau ditulis semua, nanti jadi VC (Curriculum Vitae) ya…hahaha…,” papar Ade Rudiana yang mengaku sebagai Seniman Karawitan/Pengajar adalah sebagai Pekerjaannya ini sambil tertawa lepas.

Bakat seni yang mengalir deras dalam diri Ade, adalah dari keluarganya. Bahkan latar belakang pendidikannya bertalian dengan seni yaitu D3 (Akademi Seni Tari Indonesia Bandung), S-1 (Institut Seni Indonesia Surakarta), S-2 (Institut Seni Indonesia Yogyakarta) dan Candidat Doktor ISI Yogyakarta. (Kasep).


Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *