Surganya Para Pecinta Buku

20 Juni 2019 / 16:41 WIB Dibaca sebanyak: 146 kali Tulis komentar

(Bursa Buku Murah Blok M Square, Jakarta Selatan. Foto oleh: Amelia Riskita Putri)

Perkembangan teknologi yang sangat pesat tidak menggerus eksistensi buku. Nyatanya, masih banyak orang yang gemar membaca buku. Meskipun teknologi memudahkan siapa pun untuk membaca melalui gadget, tetapi buku fisik masih diminati oleh banyak orang.

Hal itu terbukti dari para pedagang buku konvensional di Bursa Buku Murah Blok M Square yang masih bertahan meskipun kini telah memasuki era digital.

Terletak di Blok B, lantai dasar Blok M Square, Jakarta Selatan. Bursa Buku Murah ini terdiri dari ratusan kios yang berdampingan dengan kios obat, reklame, kaset, penjahit baju, dan batu akik.

Deretan kios berisi buku-buku tersusun rapi dalam rak serta aroma khas dari buku akan menyambut siapa pun yang datang ke tempat ini.

Bursa buku ini seakan menjadi surganya para pecinta buku. Bagaimana tidak, kios-kios pedagang di sini menawarkan berbagai macam buku dengan harga miring. Ya, harga yang ditawarkan memang cenderung lebih murah dari harga jual di toko buku ternama. Bahkan, bisa dinego oleh pembeli. Hingga tidak heran jika banyak orang yang datang untuk berburu buku di tempat ini.

Berbagai macam buku dapat ditemui di sini. Mulai dari buku penunjang sekolah maupun kuliah, novel fiksi atau non fiksi, majalah, komik, kamus, hingga kitab suci. Tidak hanya buku lokal berbahasa Indonesia tetapi juga buku-buku impor dalam berbagai bahasa. Dengan kondisi buku yang masih baru atau bekas namun masih layak pakai.

Bahkan beberapa kios di sini menjual buku-buku edisi lama yang sudah langka atau sulit ditemukan di pasaran.

Sapaan hangat berbunyi, “Boleh Kak, cari buku apa? Silakan” yang dibarengi dengan senyuman menjadi ciri khas para pedagang saat menyambut kedatangan pembeli ke kios mereka. Para pedagang buku di sini akan dengan senang hati dan sabar melayani. Selain itu, mereka juga menyediakan kursi di depan kios bagi pembeli yang ingin membaca buku.

Letaknya yang berada di lantai dasar sebuah Mal membuat para pembeli merasa nyaman karena bersih, rapi, juga didukung fasilitas lain seperti toilet dan tempat ibadah. Serta aman dari panas maupun hujan. (Amelia Riskita Putri/Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *