Sebanyak 60 orang peserta dan pengurus AOPGI Ikuti Pelatihan SDM

1 Maret 2019 / 17:51 WIB Dibaca sebanyak: 139 kali 1 Komentar

BANDUNG, BBCom-Sebanyak 60 orang peserta dan pengurus Asosiasi Olahraga Pendaki Gunung Indonesia (AOPGI) Tingkat Jawa Barat, ikuti pelatihan pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Hotel Gumilang Regency Jalan Setiabudhi Bandung, berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 20  s/d 24 Febuari 2019.

Kepala Seksi Tenaga dan Organisasi Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Barat, Drs. Asep Sutrisna, MM,Pd mengatakan, Olahraga pendakian gunung merupakan aktivitas gerak tubuh yang dilakukan secara sadar, sistemastis, terukur dan terencana. “Untuk mengembangkan potensi jasmani, rohani dan sosial, maka olahraga yang memiliki resiko tinggi ini harus betul-betul disiplin,”ujar Asep yang mewakili dari Dispora Jabar.

Menurutnya, olaraga tersebut perlukan adanya standart operational prosedur (SOP) yang nantinya menjadi acuan para pendaki gunung. Dengan adanya SOP bisa menjadi sebuah acuan dasar yang bermanfaat bagi para pendaki gunung dan mengurangi dampak negatif seperti sampah, kerusakan ekosistem dan kecelakaan dalam pendakian gunung.

Asep  menegaskan AOPGI agar  bisa mengakomodir para pendaki gunung untuk bisa lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan olahraga pendakian gunung serta bisa menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Dijelaskamnya, yang peserta pelatihan olaharaga pendaki gunung diikuti dari perwakilan 16 Kabupaten/Kota di Jabar. AOPGI katanya sebagai induk organisasi olahraga pendakian gunung yang berafiliasi dengan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarkat Indonesia (FORMI). “Ini. merupakan segmen olahraga petualangan dan tantangan. Sehingga menjadikan pendakian gunung mempunyai nilai di mata hukum sebagai cabang olahraga rekreasi,”tegasnya. (red)

 

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *