oleh

Sadar Muslihat : Kawal Bantuan Dana Desa Agar Tepat Sasaran

CIANJUR | BBCOM | Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil IV (Kabupaten Cianjur) Sadar Muslihat sosialisasikan program DPRD Jabar dengan mitra kerja soal dana bantua desa. Pasalnya, bersamaan dengan hal tersebut salah satunya Pemprov Jabar memberikan beberapa bantuan terhadap masyarakat Jabar, termasuk di wilayah Kabupaten Cianjur.

Di perlukan pengawasan yang ketat untuk bantuan desa tersebut. Terlebih bagi sasaran penerima bantuan.

“Di tengah Pandemi Covid 19 ini banyak bantuan yang diberikan, tentu harus kita kawal pendistribusiannya kepada masyarakat,” ujar Sadar di Ciranjang, Kabupaten Cianjur, Senin (9/11/2020).

BACA JUGA  Masyarakat Caringin Bogor, Sampaikan Aspirasi Mengenai Pendidikan

Apalagi, lanjut Sadar, hal itu diperparah dengan fenomena negatif dalam pendistribusian bantuan. Dengan adanya warga yang mengaku-ngaku menjadi masyarakat kalangan miskin akan merugikan warga yang benar-benar kurang mampu. Peran perangkat desa dalam pendataan masyarakatnya sangat penting.

“Sehingga, kondisi saat ini masih saja ada yang tidak tepat sasaran sebagai penerima bantuan,” katanya.

BACA JUGA  Lilis Boy Minta Masyarakat Produktif di Masa Pandemi

Dia mengimbau, sudah sepatutnya warga dapat mempertahankan kearifan lokal sebagai adat ketimuran yang mengedepankan kebersamaan dan kegotongroyongan.

“Budaya sabilulungan, tepa salira dan kerifan lokal lainnya seharusnya selalu ada dalam kebiasaan masyarakat. Jangan hanya gara-gara bantuan pemerintah kebiasaan itu menjadi hilang,” ucapnya.

Kegiatan reses dipungkasi dengan penyerahan masker sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran Covid 19. (hsn)

Komentar