oleh

Rita Tila “Aset” Jawa Barat.

IMG_0194MENDENGAR nama Rita Tila, memang sudah tidak asing lagi di kuping kita. Artis “multi talenta” ini pernah melakukan “Tour Eropa” yaitu show di Belanda-Itali dalam jangka waktu satu hari. “Wah..ini kesempatan yang jarang terjadi dilakukan oleh artis asal Indonesia.

“Jujur saya merasa bangga, dalam satu hari bisa show di dua negara di daratan Eropa,” kata Rita Tila dengan senyum manisnya yang khas. Bahkan karena kepiawaiannya “ngahaleuang” Rita Tila kerap dipanggil untuk tampil di manca negara.

“Alhamdulillah saya kerap manggung membawa misi seni Sunda ke beberapa negara baik Asia atau Eropa,” timpalnya lagi.

Memang artis yang pituin urang Sunda ini, kerap dipanggil untuk tampil di luar negeri. Bahkan dengan akan dilangsungkannya PON XIX di Jawa Barat ini. Rita juga akan menunjukkan kebolehannya untuk tampil mengisi suaranya dalam acara pembukaan PON XIX tersebut.

BACA JUGA  Demiz:  Apresiasi Seniman Bangun Monumen Instalasi Seni Rupa Jabar-Australia Selatan

“Insya Allah kami dari Tim Kesenian akan menampilkan artis yang menjadi “aset” Jawa Barat ini. Rita Tila buat saya dapat dikatakan artis multi talenta. Dalam hal mengolah vokal, sudah sangat tidak diragukan lagi, bahkan Rita ini pintar juga dalam menari,” ujar Aat Soeratin yang kerap dipanggil “Abah” ini memberikan komentarnya.

“Jujur saya ngeri sekali, begitu tampil dalam salasatu acara di Jakarta, dalam acara itu menampilkan beberapa sinden “kahot” dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, Rita mendapat acungan jempol baik dari sesama sinden begitupun dari beberapa seniman “kahot” penggarap acara itu seperti  Jaduk, Butet Kartarejasa dan Sujiwo Tejo.

BACA JUGA  Akhirnya Indra Berlabuh dipelukan Rieka Nisfianita

Bahkan mereka pernah bilang kalau di Jawa Barat tidak diurus, saya bawa tuh..Rita ke Yogyakarta atau ke Jakarta,” timpal Aat Soeratin yang sekarang ini sedang sibuk mempersiapkan kesenian untuk event PON bersama beberapa seniman, musisi serta pegiat seni lainnya dengan nada yang sangat serius.

Baru-baru ini Rita mengeluarkan album dengan aransemen musik Kacapi Inovatif “Wilaras Ensemble” dengan lagu “Bulan Priangan” karya Ubun Kubarsyah.(Kasep)

Komentar