oleh

PTBI 2020 Jawa Barat : Optimisme Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

BANDUNG | BBCOM |Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jawa Barat Cucu Sugyati menghadiri Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 Provinsi Jawa Barat bertempat di Hotel Savoy Homann, Kota Bandung, Kamis (3/12/2020). PTBI 2020 Provinsi Jawa Barat, mengusung tema “Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar Herawanto menjelaskan, inflasi di Jawa Barat saat ini sedang berproses. Dilansir dari Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar telah, angka inflasi di Jabar pada November 2020 sebesar 1,99 persen (year on year). Laju inflasi ini lebih tinggi dibanding Oktober 2020 sebesar 1,86 persen (yoy).

Inflasi Jawa Barat tetap terkendali dan di tahun 2020 diperkirakan berada pada batas bawah rentang target inflasi di kisaran 2 persen. Disamping itu, tekanan inflasi pada 2021 diperkirakan lebih tinggi searah dengan kemajuan pemulihan ekonomi. Hal itu ditandai meningkatnya permintaan, kenaikan harga komoditas global, dan potensi risiko cuaca La Nina yang dimungkinkan terjadi hingga awal triwulan II 2021.

BACA JUGA  Agam Gumay : Pemuda Harus Menjadi Agen Perubahan

Dibutuhkan dukungan strategi pengendalian inflasi yang inovatif dan antisipatif, sebagai upaya untuk merespons potensi krisis pangan yang mungkin terjadi. (dp)

Komentar