Proses Pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road, Tunggu MOU

31 Mei 2017 / 04:42 WIB Dibaca sebanyak: 895 kali Tulis komentar

BANDUNG BBCom—Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) kembali membahas nasib keberlanjutan proyek Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR).

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengatakan dalam rapat keempat pihaknya bersama JICA, kepastian proyek ini bergantung pada kesanggupan pemerintah pusat, provinsi dan Kota Bandung berbagi anggaran (cost sharing) pembebasan lahan. “Akan ada rapat terakhir mengenai cost sharing,” katanya usai menerima perwakilan JICA di Gedung Sate, Bandung, Selasa (30/5).

Menurutnya rapat terakhir akan menentukan apakah seluruh pihak menyanggupi mengalokasikan anggaran dalam APBN atau APBD provinsi dan Kota. Setelah kesepakatan angka muncul, maka selanjutnya akan disusun nota kesepahaman antara Pemerintah Pusat, Gubernur Jabar dan Wali Kota Bandung. “MoU ini berujung pada pengalokasian anggaran dari APBN, APBD Jabar dan APBD Kota Bandung,” katanya.

BACA JUGA  Polres Banjar Berikan Penyuluhan Kepada Peserta Didik Baru Tahun 2019

Proses yang belum tuntas ini  sekaligus menepis kabar yang beredar di tengah masyarakat jika pembangunan fisik BIUTR akan dimulai pada akhir 2017 ini dimana ruas awal yang akan dibangun mulai pintu keluar Tol Pasteur. “Belum bisa dimulai tentu saja karena ini harus ada MoU dulu antara para pihak,” ujarnya.

BACA JUGA  Kasus Ambruknya Bangunan di Situ Leutik Polres Tetapkan 4 Tersangka

Bappeda Jabar sendiri sejauh ini sudah mengindentifikasi alokasi anggaran yang harus disiapkan Pemprov. Angka-angka ini juga disusun oleh pihak Pemkot Bandung untuk kemudian disanggupi Wali Kota untuk dianggarkan dalam APBD. “Proses MoU ini tergantung pada masing-masing pengambil kebijakan tertinggi, Pak Gubernur, dan Wali Kota,” paparnya. (hms/pem)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *