,

Program TMMD Sangat di Rasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat Desa Lumbung

26 Oktober 2018 / 08:49 WIB Dibaca sebanyak: 340 kali 1 Komentar

CIAMIS BBCom – Percepatan pembangunan lewat program TMMD ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat terutama bagi mereka yang tak tersentuh pembangunan lewat program pemerintah.

Ada tiga sasran utama dan tujuh program lainya dalam pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang terfokus di Desa Lumbung, Kabupaten Ciamis ini diantaranya, Rehabilitas Rutilahu, pembangunan infrastuktur jalan Desa ,serta perbaikan sarana prasarana irigasi pertanian.

Kegiatan pembangunan lewat program TMMD ini yang dikerjakan secara stimulan oleh TNI sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat pentingnya gotong royong sehingga berharap kedepanya masyarakat terjun sendiri untuk membangun Desanya dengan cara bergotong royong.

Target dari program TMMD ini yang di laksakan sampai tanggal (13/10/2018) ini dapat membantu mengentaskan kemiskinan khususnya di kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Sesuai tema Kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 ” TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Yang Maju, Sejahtera Dan Demokratis “. Untuk mewujudkan hal tersebut, tambahan yang dilaksanakan oleh Anggota Kodim 0613/Ciamis dalam pelaksanaan kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 ini,langsung turun ke lapangan berbaur bersama masyarakat Desa Lumbung.

Pasiter Kodim 0613/Ciamis Kapten Arm Esa Advanisa yang mewakili Dandim 0613/Ciamis, saat ditemui  dilokasi kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 ini menjelaskan,tentang  kegiatan TMMD ke-103 di Desa Lumbung Kecamatan Lumbung ini, ada tiga sasaran utama dan tujuh sasaran tambahan. 

”Ada tiga sasaran utama dan tujuh sasaran tambahan dalam kegiatan TMMD ini, ” tuturnya.kepada BBCom, Rabu  (25/10) di lokasi kegitan.

Lanjut Esa, tiga sasaran utama adalah perbaikan dan pengaspalan jalan wangunjaya dengan panjang 2000 meter dan lebar 3 meter, jalan Katamaja dengan panjang 1200 meter dan lebar 2,5 meter, rabat beton jalan Sindanglaya panjang 600 meter dan lebar 2,5 meter serta jalan Pogor Sukaraharja rabat beton 250 meter dan lebar 2,5 meter.

 “Itu untuk sasaran utamanya,” ungkapnya

Menurut Esa tujuh sasaran tambahan lain diantaranya meliputi,Sarana Agama (Sargam), Pamsimas, Pipanisasi, pembangunan GOR, Jambanisasi pembangunan drainase Cibilik dan Rutilahu tiga unit rumah warga.

Esa menambahkan, selain saran utama ada juga sasaran untuk non fisik yaitu melakukan sosialisasi dan pelatihan yang bekerjasama dengan BPBD dalam hal penanggulangan bencana dan Relawan Desa,serta pelatihan Baris Berbaris (PBB) dan PPM/S terhadap  siswa/i SD, SMP dan SMAN 1 Lumbung oleh anggota Kodim 0613/Ciamis,

“Selain itu juga bekerja sama dengan Dinas KB, Dinas Kesehatan serta melalsanakan khitanan masal dan Zakat, Infak dan Sodaqoh (ZIS) bekerjasama dengan BAZ Kabupaten Ciamis,”tambah Esa.

Sementara itu ketua BPD Desa Lumbung, R Dede Karmana,juga  memberikan apresiasi kepada TNI khususnya Kodim 0613/Ciamis yang telah membantu masyarakat Desa Lumbung, melalui kegiatan TMMD ke-103 tahun 2018 ini, yaitu pembangunan fisik dan non fisik.

”Saya sebagai tokoh masyarakat sangat apresiasi kegiatan TMMD ini, ” ujarnya singkat.

Dengan adanya kegiatan TMMD ke-103 ini, salah satu bukti kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Dede berharap, kegiatan seperti agar bisa terus dilakukan untuk membantu membangun infrastruktur untuk peningkatan ekonomi masyarakat supaya sejahtera sekaligus pemahaman akan pentingnya gotong royong.

“Saya harap ini terus dilaksanakan,bukan disini saja tapi di wilayah lainya sehingga budaya gotong royong akan tetap ada di tengah tengah masyarakat ” harap Dede.(Johan)

Bagikan
Share

1 Komentar

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *