oleh

Poltisi PKS Dorong Disparbud Jabar Menata Situ Ciburuy Menjadi Obyek Wisata Unggulan di KBB

BANDUNG | BBCOM | Wakil Ketua Pansus IX Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya, mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat untuk melaksanakan proses revitalisasi Situ Ciburuy.

Poltisi PKS yang menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat ini mengatakan Disparbud Jawa Barat dimungkinkan menata Situ Ciburuy untuk menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. “Unggulan, Khususnya Jawa Barat,” ujarnya kepada bandungberita.com (2/2/2021)

“Ya, jadi kami (DPRD) ingin Pemprov Jabar melakukan pembenahan agar obyek wisatanya bisa lebih baik lagi. Ini diperkirakan sampai tahun 2024 direvitalisasi oleh Kantor SDA, kemudian mulai tahun 2021 Disparbud akan melakukan penataan sepadannya. “Dilakukan supaya lebih nyaman lagi jadi mulai tahun ini pembangunannya akan segera dan semoga ini menjadi suatu gambaran realisasi tentang apa-apa yang diinginkan,” ujar Abdul Hadi yang akrab disapa Gus Ahad ini.

BACA JUGA  Komisi I : Persiapan Pilkada Serentak Harus Matang dan Terapkan Prokes

Lebih lanjut, Gus Ahad menjelaskan, alokasi anggaran dalam RPJMD difokuskan pada pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana. Dengan hal tersebut diharapkan revitalisasi dari realisasi Situ Ciburuy meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, khususnya perekonomian masyarakat yang terkena pandemi.

“Kalau destinasi wisata ini sudah jadi, kami harapkan perekonomian masyarakat yang terpuruk karena pandemi bisa kembali terangkat dengan adanya kawasan wisata yang hidup kembali, bisa sewa perahu, bisa menghidupkan kembali usaha kulinernya. hingga transportasi lokal pastinya akan ikut berkembang, itu hasil akhir yang kita semua harapkan,” pungkasnya. 

BACA JUGA  DPRD Jabar Bahas Raperda Melalui Komisional

Keberadaan Situ Ciburuy sebagai danau yang melegenda di kawasan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat memang patut menjadi perhatian kita bersama. Meski banyak tempat wisata baru yang hadir disekitarnya, kawasan ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Saat ini, kita masih dihantui pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), sehingga Sobat Eksplor harus menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan dulu. Bahkan untuk memperketat hal tersebut, pengelola wisata pun tak segan-segan menyediakan berbagai tes untuk COVID-19 yang harganya cukup tinggi sehingga banyak yang mengurungkan niatnya untuk bepergian. Jadi tunggu saja normal, barulah Sobat Eksplor bisa berwisata ke Situ Ciburuy. (adv/red)

Komentar