oleh

Polri Buka Suara Terkait Istri Terduga Teroris Anggota Jamaah Islamiah Asal Inggris

JAKARTA | BBCOM | Polri buka suara terkait perempuan warga negara Inggris, Tazneen Miriam Sailar, yang akan segera dideportasi karena melakukan pelanggaran keimigrasian berupa tidak punya izin tinggal. Polri mengatakan Tazneen adalah istri dari salah satu anggota jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI), yakni Asep Ahmad Setiawan alias Abu Ahmad, yang tewas pada 2014 silam dalam pertempuran di Suriah.

“Yang bersangkutan merupakan istri dari warga negara Indonesia atas nama Asep Ahmad Setiawan alias Abu Ahmad, yang merupakan anggota jaringan teroris Jamaah Islamiyah atau terafiliasi dengan jaringan Jamaah Islamiyah. Dan saudara Abu Ahmad atau Asep Ahmad Setiawan telah meninggal dunia dalam pertempuran di Suriah di tahun 2014,” ungkap Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/2/2021).

“Jadi saya ulangi bahwa yang bersangkutan adalah istri dari seorang warga negara Indonesia atas nama Asep Ahmad Setiawan alias Abu Ahmad dan yang bersangkutan telah meninggal dunia di tahun 2014. Almarhum Asep Ahmad Setiawan alias Abu Ahmad merupakan salah satu anggota dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah yang terafiliasi dengan Al-Qaeda dan telah meninggal di tahun 2014,” tegas Ramadhan.

BACA JUGA  Satu Keluarga Diusir Secara Paksa, Kuasa Hukum Kecam Tindakan Premanisme

Lebih lanjut, Ramadhan menyatakan polisi juga tengah mendalami apakah ada kaitan antara Abu Ahmad dan istrinya dengan aliran dana Front Pembela Islam (FPI).

“Yang terkait dengan PPATK ini kan ada 92, tentunya proses itu masih dianalisa. Pastinya, penyidik akan mendalami, mendalami itu kan satu per satu. Didalami apa keterlibatan daripada pengiriman rekening tersebut. Ada kaitannya dengan istri dari seorang anggota teroris tadi, itu salah satunya ya,” terang Ramadhan.

BACA JUGA  Densus 88 Tangkap 5 Terduga Teroris di Aceh, Salah Satunya PNS

Ramadhan menuturkan hingga saat ini Densus 88 Antiteror Polri masih mendalami ada atau tidaknya keterlibatan Tazneen Miriam Sailar dalam kegiatan kelompok teroris.

“Jadi begini, ini masih pendalaman, peran dari WN Inggris ini masih didalami. Jadi saya hanya katakan bahwa suaminya yang terlibat (terorisme), sementara peran dari istri saudara Asep Ahmad Setiawan masih didalami penyidik Densus 88,” tandasnya.(Hs)

Komentar