oleh

Penyandang Diabetes Capai 10 Juta Jiwa

PLAKATBANDUNG BBCom– Data Riskesdas 2007 dan 2013, menunjukkan peningkatan prevalensi Diabetes dari 5,7% menjadi 6,9% atau sekitar 9,1 juta jiwa. Hal ini sesuai dengan estimasi International Diabetes Federation (IDF) 2015, penyandang Diabetes di Indonesia sedikitnya mencapai 10 juta jiwa.

Jika tidak melakukan intervensi, diperkirakan pada tahun 2040 penyandang Diabetes akan melonjak 16,2 juta jiwa. Sementara data Sample Registration Survey (SRS) 2014, Diabetes menjadi penyakit pembunuh nomor 3 di Indonesia (6,7%), melebihi penyakit menular seperti Tuberkulosis, Malaria dan Diare.

BACA JUGA  Penjarakan Oknum Penganiaya Wartawan Saat Tugas Jurnalistik di Monas

“Sejalan dengan visi dan misi PT Kalbe Farma Tbk untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia, Kementrian Kesehatan focus kepada penderita Diabetes di Indonesia, bahu membahu menggalang Gerakan Indonesia Lawan Diabetes,” jelas Irawati Setiady, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk di Trans Luxury Hotel Bandung Senin (29/8).

Sementara, Ongkie Tedjasurja, Director Kalbe Nutritionals menjelaskan, Indonesia Lawan Diabetes (ILD) merupakan program kemitraan antara PT Kalbe Farma Tbk dengan Kementrian Kesehatan, berupa seminar edukasi diabetes baik kepada masyarakat awam maupun tenaga medis, serta ajakan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam 50.000 aksi “IndonesiaLawanDiabetes”.

BACA JUGA  Warga Langkapsari Harapkan Lapangan Sukanagara di Perbaiki.

Dengan tema Post Meal Glucose Management (manajemen lonjakan gula setelah makan), seminar edukasi tenaga medis diadakan di 5 kota besar di Indonesia mengutamakan dokter umum, ahli gizi, perawat dana poteker.

Setelah Medan dan Jakarta, seminar edukasi tenaga medis diadakan di Trans Luxury Hotel, Bandung 28 Agustus 2016. (adun)

Komentar