oleh

Pemdes Langkapsari Banjaranyar, Himbau Warga Tidak Buang Sampah Ke Sungai

CIAMIS | BBCOM | Sampah rumahan yang di buang warga sekitar, terlihat dengan jelas di
aliran Sungai Nyalindung. Sungai tersebut berlokasi di Dusun Cikuya, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Kepala Dusun Cikuya,Desa Langkapsari pun mengaku, merasa kesulitan untuk menyadarkan warganya. Agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan ke sungai tersebut.

Yudiana menilai, dengan terjadinya warga membuang sampah sembarangan di akibatkan dengan tidak tersedianya Bank sampah di sekitar rumah warga.

“Disamping itu dan kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak bahaya buang sampah ke sungai, dapat mengakibatkan banjir karena sumbatan sampah,” katanya.

BACA JUGA  Polres Banjar Gelar Apel dan Doa Bersama Suksesnya Asian Games 2018

“Disamping lingkungan tercemar akibat sampah, juga tidak mencerminkan pola hidup yang sehat,”imbuhnya, Senin 15/03/2021.

Dirinya mengaku, sudah sering kali untuk memberikan peringatan juga himbauan kepada warganya untuk tidak mengulangi membuang sampah ke sungai.

Guna menyikapi permasalahan sampah yang sedang di hadapi di wilayahnya, Kepala Desa Langkapsari, H.Rusyana berencana untuk melakukan penanganan sementara. Yaitu pihaknya akan memerintahkan kepala Dusun Cikuya agar memasang papan informasi berupa himbauan, seperti jangan membuang sampah di sungai Nyalindung.

BACA JUGA  Sebelum Pilkada Serentak 2018 di Gelar, DPRD Jabar Desak Pemerintah Selesaikan Masalah e-KTP

“Kedepanya, kami akan bekerja sama dengan pihak KP2RL Kabupaten Ciamis. Untuk menghidupkan Bank sampah yang nantinya akan di kelola oleh karang taruna,” tutur Rusdiana.

Pada hari jumat kemarin, kebetulan sekali kami sudah mengadakan pelatihan pengelolaan lingkungan hidup berbasis Bank samapah (KP2RL) Kabupaten Ciamis dengan melibatkan Karangtaruna, BPD dan lembaga Desa lainnya. (D Hendra)

Komentar