oleh

Pembekalan Pasis Seskoau A-58, Kasau : Bangun Organisasi Yang Adaptif, Efektif, dan Efisien

CILANGKAP | BBCOM | TNI Angkatan Udara harus dapat membangun organisasi yang adaptif, efektif, dan efisien. Adaptasi dan transformasi TNI Angkatan Udara sangatlah diperlukan, khususnya ketika menghadapi dinamika geopolitik dan perkembangan teknologi yang terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., saat ceramah pembekalan kepada Pasis Seskoau Angkatan Ke-58 TP 2021 di Ruang Rapat Kasau, Mabesau, Cilangkap, Jakarta Timur. Selasa (09/11/2021).

Lanjut dikatakan Kasau bahwa harus terus fokus pada efektivitas tujuan utama, namun juga harus tetap menjaga efisiensi anggaran.

Kasau berpandangan bahwa fondasi esensial guna mewujudkan transformasi tersebut, berada pada kualitas SDM sebagai aset utama TNI Angkatan Udara, sehingga TNI Angkatan Udara harus mampu mereformasi sistem pendidikan, mengarahkan pola kepemimpinan, dan mengarahkan sistem logistik.

BACA JUGA  Mayjen TNI Aritonang Cek Kesiapan Satgas MTF Kontingen Garuda Unifil

“Seskoau memainkan peranan penting dalam upaya tersebut,” jelas Kasau.

Salah satu langkah konkret dalam proses reformasi sistem pendidikan melalui Program Studi (Prodi) Magister Terapan Strategi Operasi Udara, kemudian terus kawal dan evaluasi program ini sehingga dapat membentuk SDM TNI Angkatan Udara yang berkarakter, unggul, dan profesional.

Sebagai lulusan pertama Prodi Magister Terapan Strategi Operasi Udara, Kasau berharap kepada Pasis dapat menjadi ujung tombak dalam transformasi Angkatan Udara serta implementasi konsep airpower yang lebih luas.

“Meskipun pendidikan ini akan ditutup, namun teruslah belajar dan belajar dengan memanfaatkan setiap tugas pengabdian sebagai proses pembelajaran guna semakin mematangkan dan mendewasakan cara berpikir serta bertindak dalam memimpin kedepannya,” ujarnya.

BACA JUGA  Sisno Adiwinoto Sebut, Kasus Bripka CS Kapolsek dan Kapolres Harus Dicopot

Pada kesempatan itu, Danseskoau Marsda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., menyampaikan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada Kasau telah berkenan meluangkan waktu untuk memberikan bekal dalam melanjutkan tugas ke depan.

“Sebuah kehormatan bagi Seskoau mendapatkan kesempatan bertatap muka baik secara langsung maupun daring sehingga dapat bersilaturahmi, sharing informasi, dan menjadi bekal bagi Pasis dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kedepannya,” ujarnya.

Danseskoau berharap seluruh Pasis dapat menyimak dan merangkum materi yang telah disampaikan dalam rangka mewujudkan TNI Angkatan Udara menjadi angkatan udara yang disegani di kawasan. (rls/dbs)

Komentar