oleh

Pasca Banjir, Warga Banjaranyar Ciamis Berharap Ada Pembuatan Tanggul

CIAMIS | BBCOM | Meskipun banjir yang melanda di tiga desa telah surut, namun warga yang terdampak, yaitu Desa Cigayam, Desa Cikaso dan Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis, harus membersihkan sisa sisa lumpur yang telah masuk ke pekarangan dan rumah, lumpur yang terbawa banjir akibat luapan sungai Ciputrahaji.

Egi suprayoga ST, selaku Kades Sindangrasa
menuturkan,”Kami berharap ada perhatian serius dari pemerintahan pusat dan dinas di daerah, untuk mengupayakan pembuatan tanggul permanen disekitar bantaran sungai ciputra haji,”Rabu (03/02/2021)

“Sudah termasuk rutin terjadi di wilayah kami, patut diketahui banjir ini sebenarnya hanya kiriman dari beberapa hulu sungai, yang berasal dari daerah Desa yang posisinya berada diatas yang mengalir ke sungai Ciputra haji,” jelas Egi.

BACA JUGA  Jelang pilkades di Kota Banjar, Polres Gelar Latihan Pengendalian Masa

“Setiap hujan deras, apa lagi kalau ada informasi dari daerah atas hujannya lebat, warga kami sudah tidak tenang, selalu was was khawatir banjir pasti terjadi,”

Hasil pantauan BBCOM di lapangan, dari tiga Desa yang terdampak banjir akibat sungai Ciputrahaji meluap, yang cukup parah adalah Desa Sindangrasa. Akibat luapan sungai Ciputrahaji, pada hari Selasa 02/02/2021 telah merendam 2 Dusun, yaitu Dusun Pongporang dan Dusun Pasiripis.

BACA JUGA  HUT Lantas Ke-63, Polres Banjar Gelar Senam Zumba Bersama

Menurut data yang di peroleh dari pemerintahan desa setempat, ada sekitar 550 kepala keluarga dan 480 rumah yang terdampak.

Kedua adalah Desa Cikaso, rumah warga yang terdampak tepatnya di Dusun Karangsari, ada sekitar 2 RT, dengan jumlah150 KK. Dan yang ketiga di Desa Cigayam, ada sekitar 20 rumah warga juga terdampak.(D Hendra)

Komentar