Menjadi Pemain Futsal Andal

20 Juni 2019 / 22:26 WIB Dibaca sebanyak: 202 kali Tulis komentar

Untuk menjadi pemain futsal tidak semudah yang kita bayangkan, kita harus memerlukan latihan yang rajin dan teratur, selain itu mempelajari teknik-teknik dasar permainan futsal.

Futsal adalah singkatan dari futbol (sepak bola) dan sala (ruangan) dari bahasa Spanyol atau Futebol dari bahasa Portugal atau Brazil Futsal dan salon dari bahasa Prancis. (Sumber: Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia tentang Hubungan Kecerdasan Intelektual dan Kebugaran Jasmani dengan Keterampilan Teknik Dasar Futsal pada Anggota UKM Futsal Universitas Pendidikan Indonesia)

Futsal merupakan permainan tim, oleh karena itu kerja sama tim merupakan kebutuhan permainan futsal yang harus dipenuhi oleh setiap pemain, karena kemenangan tidak dapat diraih secara perseorangan dalam permainan tim.

Olahraga futsal dinaungi oleh FIFA (International Federation of Football Association) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia dinaungi oleh FFI (Federasi Futsal Indonesia) merupakan badan resmi dibawah PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia) yang mengurusi olahraga futsal di Indonesia. (Sumber: Bolalob.com)

Untuk menjadi pemain futsal bukan hanya sekadar main tanpa dasar, dan kenyataanya tidak semudah yang dibayangkan, “Untuk menjadi pemain futsal kita harus menguasai semua teknik dasar permainan futsal karena di dalam olahraga apapun sangat penting penguasaan teknik dasar, selain itu kita juga harus berlatih penuh keyakinan dan tekad secara konsisten,” ujar Ilham Setiadi salah satu pelatih futsal dan juga Mahasiswa Jurusan Kepelatihan di Akornas (Akademi Olahraga Nasional).

Ia juga sempat melatih tim futsal Akornas di kompetisi Pekan Olahraga Mahasiswa Provinsi DKI Jakarta.

Rahmat Sholihin salah satu pemain futsal yang pernah memenangi kompetisi O2SN di Kota Cilegon bersama timnya, dia mengungkapkan untuk menjadi pemain profesional maka kita harus berusaha keras, percaya diri dan konsisten, serta membutuhkan program-program latihan yang tersusun dan terstruktur rapih.

Menjadi pemain futsal, kita harus latihan yang rajin serta menguasai teknik-teknik dasar. Maka, untuk itulah di dalam mempelajarinya ada teknik-tekniknya seperti yang dilansir materiolahraga.com tentang teknik dasar futsal.

Pada dasarnya teknik dasar permainan futsal merupakan suatu usaha untuk menguasai bola dan untuk merebutnya kembali bila sedang dikuasai oleh lawan. Oleh karena itu, untuk dapat bermain futsal harus menguasai teknik-teknik dasar futsal yang baik dan benar.

 

Diperlukan kemampuan menguasai teknik dasar bermain futsal, seperti

  1. ‌Teknik dasar mengumpan (passing)
  2. ‌Teknik dasar menahan bola (control)
  3. ‌Teknik dasar mengumpan lambung (chipping)
  4. ‌Teknik dasar menggiring bola (dribbling)
  5. ‌Teknik dasar menembak bola (shooting)
  6. ‌Teknik dasar menyundul bola (heading), dan
  7. ‌Teknik penjaga gawang (goal keeper technique).

Dengan mengetahui teknik dasar bermain futsal akan mudah untuk berlatih dan menjadi pemain futsal yang andal.

(Akhmad M Awwal/Politeknik Negeri Jakarta Prodi Jurnalistik)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *