Mengunjungi Kedai “Kopi Ter’enak”

19 Juni 2019 / 19:46 WIB Dibaca sebanyak: 472 kali Tulis komentar

Foto Karya : Renna Yavin

“Raisa, ngopi yuk?” potongan naskah iklan berupa ajakan minum kopi bersama sudah menjadi trend sejak tahun 2013.

Seiring berjalannya waktu, trend minum kopi mulai berkembang menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Jika dahulu kita mengenal kopi hanya dinikmati untuk orang tua saja, kini kopi juga dinikmat oleh semua kalangan termasuk anak muda. Bahkan sekarang banyak anak muda yang membuka bisnis coffe shop, salah satunya Kaesang Pangarep.

Setelah sebelumnya sukses dengan usaha Sang Pisang, anak ketiga dari Presiden ke-7 Joko Widodo ini pada bulan April 2019 membuka kedai kopi pertamanya bernama Ternakopi di daerah Cipayung, Jakarta Timur. Kedai Ternakopi ini merupakan singkatan dari Karena ini Kopi Ter’enak.

Penasaran hal menarik apa yang ditawarkan di kedai kopi milik pria kelahiran tahun 1994 ini. Akhirnya saya memutuskan untuk berkunjung ke salah satu outlet Ternakopi di kawasan Cipayungtepatnya di Jalan Cipayung Raya, No. 4, Jakarta Timur, di depan Alfamidi Super Cipayung.

Benar saja, hal yang menarik serta menjadi pembeda dari kedai kopi lainnya, adalah bangunannya. Ternakopi ini dibangundengan ukuran 2 x 3 meter, mengusung konsep container coffee shop dengan dominasi perpaduan warna merah dan hitam serta meja dan tempat duduk dari tong besi. Alasan Ternakopi dibangun dengan konsep container yaitu untuk membuat pelanggannya lebih nyaman seperti sedang minum di warung kopi.

Selain itu, saya juga bertanya tentang konsep kontainer melaluiakun Instagram @ternakopi.id. Menurut pernyataan adminnya,konsep container coffee shop ini dibuat untuk memberikan kesan modern. Lebih lanjut dia menyatakan bahwa konsep itu hanya ada di beberapa outlet saja. Untuk outlet kedai kopi di mall, mereka tidak menggunakan kontainer.

Bukan hanya dari bangunannya saja yang unik, tetapi kopi ini disajikan dalam bentuk botol kemasan. Jadi, kopi-kopi di sini dijual untuk bisa langsung dibawa pulang.

Kedai kopi ini menawarkan berbagai macam varian kopi, yaitu cold brew original, kopi gula jawa, kopi hazelnut, kopi caramel, kopi greentea, kopi taro, kopi avocado, vanilla, dan kopi mint. Menurut Faisal, salah satu barista di Ternakopi Cipayung, kopi andalan di sana adalah kopi gula jawa. Dia juga menambahkan bahwa kopi gula jawa merupakan kopi favorit Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan rekomendasi dari Faisal, saya akhirnya memutuskan untuk membeli satu buah kopi gula jawa. Tak perlu membutuhkan waktu yang lama, sekitar 15 menit saya menunggu. Akhirnya, pesanan saya sudah selesai, yaitu satubuah kopi gula jawa yang dikemas dalam botol berwarna hitam.

Saya pun segera mencicipi kopi tersebut. Saat saya meminumnya, rasa pahit kopi dan manis gula jawa melebur jadi satu, cocok untuk kalian yang tidak terlalu suka kopi manis ataupun kopi pahit.

Di lain hal, Lusiana, salah satu pembeli kopi di Ternakopi mengatakan, “Ternakopi ini tuh kopinya enak, kopinya berasa banget. Cocok diminum buat semua kalangan karena terdapat berbagai variant rasa kopi.”

Tertarik untuk mencoba kopi ini? Mudah saja, kalian bisa menikmati kopi dari Ternakopi di beberapa outletnya, yaitu Mall of Indonesia, Mall Artha Gading, Alfamidi S CIpayung, Alfamidi S Penggilingan, Alfamidi S Kemayoran, Alfamidi S Bangka Raya, Alfamidi S Limo. (Renna Yavin/mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta)

Bagikan
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *