oleh

Masyarakat Pedamaran Keluhkan Sampah Disungai Babatan

PEDAMARAN | BBCOM | Curah hujan di Daerah Kabupatem Ogan Komering Ilir (OKI) saat ini sangat tinggi. Bahkan setiap hari hujan dengan intensitas tinggi selalu terjadi di daerah tersebut. Kondisi ini membuat debit air di sungai di daerah tersebut menjadi meningkat salah satunya sungai Babatan yang berlokasi di Kecamatan Pedamaran Kab OKI.

Kondisi ini membuat banyak sampah yang terbawa arus sungai dan membuat sungai menjadi kotor. Parahnya lagi akibat banyaknya sampah disungai membuat air menjadi naik dan menjadi penyebab banjir.

Jika dibiarkan kondisi ini akan berdampak buruk bagi ekosistem di sungai dan juga bisa menjadi penyebab banjir karena sungai menjadi dangkal karena banyaknya sampah.

Untuk mengatasi sampah tersebut belum ada konsep-konsep tentang sampah, namun yang ada hanya produk yang dihasilkan setelah proses alam berlangsung. Kesadaran masyarakat masih rendah, bahkan mereka sering melakukan pembuangan sampah di sungai Babatan sehingga sungai tersebut dipenuhi berbagai jenis sampah.

Hal ini sepertinya belum ada penangan yang sangat serius baik itu dari pemerintah kecamatan maupun pihak desa, berbagai keluhan masyarakat terutama warga yang rumahnya d pinggiran sungai setiap hari mengeluhkan keberadaan sampah tersebut “Iko maseh lemak dek mosem Aek dalam ,man Aek surut tak tahu namonyo sampah iko ” ungkap Kote dengan bahasa daerahnya, salah satu warga Pedamaran 1 yang tinggal di pinggir aliran sungai mengungkapkan kepada BBCOM Senin,17/1/2021

Sementara Fuad salah satu warga, meminta kepada pemerintah kecamatan dan pihak desa agar penanganan sampah di sungai Babatan ini segera di tangani dengan serius. “Untuk saat ini memang tidak ada apa apanya, namun sepuluh dua puluhan tahun kedepan, akan menjadi hal yang serius jika tidak ditangani sejak dini dan akan musuh yang paling besar,ungkap Fuad. (pani)

 

Komentar