oleh

Langganan Banjir, Warga Cikaso Banjaranyar Ciamis Berharap Ada Perbaikan Drainase

CIAMIS | BBCOM | Hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi pada siang hari hingga malam, membuat was was warga Dusun Karangsari RT 05 RW 01 Desa Cikaso Kecamatan Banjaranyar Kabupaten Ciamis Jawa barat, Rabu (27/01/202I)

Sebagian warga masih merasakan trauma yang mendalam, pasalnya beberapa bulan yang lalu dengan tanggal yang sama tepatnya pada tgl 27/10/2020, wilayah tersebut dilanda banjir dengan ketinggian sekitar 1 meter lebih.

Ya, kata ‘langganan banjir’ sebagai mana yang di katakan beberapa warga, seolah olah menjadi permakluman dan kepasrahan bagi warga, mengenai bencana yang mereka alami.

Seperti yang dikatakan warga setempat, Karso,”Kalau sudah hujan dengan intensitas tinggi, warga harus siap siap dan waspada, seperti yang kita saksikan sekarang semua pekarangan rumah sudah di penuhi air,”

BACA JUGA  Kapolres Hadiri Peresmian Program BSMSS Tingkat Kota Banjar

“Kekhawatiran kami apabila sungai Cikaso dan Sungai Ciputrahaji meluap, wilayah kami pasti akan terdampak sekali dari luapan kedua aliran sungai itu,”ujarnya.

“Pasalnya wilayah kami, posisinya berada di tengah dua aliran sungai tersebut,” tandas Karso.

Lanjut Karso menegaskan,”Saluran drainase di sekitar an rumah yang berada di jalur jalan provinsi mungkin butuh perbaikan, pasalnya apabila saluran drainase jalan provinsi penuh dengan air, maka air akan meluap dan menggenangi halaman rumah kami. Juga dibeberapa titik, membutuhkan pembuatan saluran drainase yang baru,”

BACA JUGA  Polres Subang Gelar Kegiatan Tak'jil Keselamatan On the road

Hasil informasi yang di himpun di lapangan oleh team BBCOM, hujan yang mengguyur wilayah tersebut telah menggenangi sekitar 40 halaman rumah, di duga buruknya saluran air yang ada di sekitar pemukiman warga hingga drainase jalan provinsi yang sudah tidak dapat menampung debit air yang tinggi, di butuhkan ada sebagian drainase yang harus di perbaiki. Agar air tersebut dapat mengalir sebagai mana semestinya.

Hal menarik ditemukan di lapangan, ada pengakuan yang di katakan baik dari warga maupun perangkat Desa Cikaso yang mengatakan,“Daerah kami sudah langganan banjir tiap tahun, mau itu sebatas halaman rumah atau pun masuk rumah”. (D Hendra)

Komentar