Komite Pemilihan Resmi Umumkan Bakal Calon PSSI

JAKARTA | BBCOM | Komite Pemilihan PSSI langsung kerja ekstra pasca diputuskan dalam Kongres Tahunan 2023 pada 15 Januari 2023. Hari ini (16/1) sampai batas waktu pukul 18.00 WIB tahap penyampaian berkas deklarasi dukungan dan konfirmasi bakal calon komite eksekutif PSSI diterima berkas pencalonan ketua umum sebanyak 5 (lima) kandidat, 17 (tujuh belas) bakal calon waketum serta 78 orang pendaftar anggota Exco.

Ketua Pemilihan PSSI, Amir Burhannudin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap antusiasme para pendaftar. “Kami sangat mengapresiasi antusiasme para pendaftar komite eksekutif PSSI. Mereka dari berbagai latarbelakang profesi. Ini menunjukkan bahwa banyak yang berkeinginan untuk membangun masa depan PSSI lebih maju dan berprestasi,” paparnya.

Amir juga memberikan respek yang luar biasa terhadap antusiasme pendaftar dari kalangan kandidat dari unsur perempuan. Terdapat, 9 kandidat perempuan yang resmi mendaftarkan sebagai komite eksekutif PSSI.

Amir menambahkan Komite Pemilihan hanya memiliki waktu satu bulan untuk menjalani semua tahapan sampai Kongres Luar Biasa (KLB) di gelar pada 16 Februari 2023, karena itu semua anggota Komite Pemilihan berkomitmen untuk fokus menjalankan tugasnya.

“Setelah tahap penyampaian berkas pendaftaran kandidat. Komite Pemilihan akan bekerja melakukan verifikasi kelengkapan dokumen para kandidat serta dukungan calon. Verifikasi ini penting, agar selanjutnya disampaikan kepada para kandidat dan pengusung untuk melengkapinya,” imbuhnya.

Menurut Amir, setelah dilakukan verifikasi, Komite Pemilihan akan menyampaikan informasi kepada anggota PSSI serta bakal calon Komite Eksekutif PSSI terkait kekurangan kelengkapan dokumen pada 19 Januari 2023.

“Selanjutnya mulai tanggal 19 sampai 21 Januari 2023, para bakal calon dan pengusung dapat melengkapi dokumen kekurangannya langsung ke Komite Pemilihan PSSI. Kami mengajak para kandidat dan pengusung untuk memanfaatkan waktu ini untuk melengkapinya agar lolos ke tahap selanjutnya,” jelas Amir.

Komite Pemilihan, lanjut Amir, memiliki waktu 10 hari setelah tahap melengkapi dokumen dari para bakal calon dan anggota PSSI, selanjutnya KP akan resmi mengumumkan daftar calon sementara Komite Eksekutif PSSI pada 31 Januari 2023.

“ Tanggal 1 sampai 3 Februari, para bakal calon dan anggota PSSI dapat menyampaikan permohonan dan berkas banding kepada Komite Banding Pemilihan jika tidak lolos dalam pengumuman daftar calon sementara Komite Eksekutif anggota PSSI,” tegas Amir.

Tahapan berikutnya pada 6 Pebruari 2023, Komite Banding Pemilihan akan resmi mengumumkan Daftar Calon Tetap Komite Eksekutif PSSI. “Setelah DCT diumumkan, selanjutnya mereka bersiap untuk mengikuti Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI Tahun 2023,” ujar Amir.**

Komentar